Fungsi (Function) Pada Bahasa Pemrograman Python

Pada kesempatan kali ini Mycoding.net akan mengulas tentang , dengan judul artikel Fungsi (Function) Pada Bahasa Pemrograman Python.

Artikel Terkait Python
Dalam menyelesaikan masalah yang kompleks padaperangkat lunak, kasus utama musti dipecah menjadi kasus yang lebih kecil. Sehingga dapat terfokus dalam mencari pemecahan yang terbaik dari masing-masing bagian kecil ini. Bagian-bagian kecil ini pad akhirnya dapat digabungkan untuk memberikan jawaban atau penyelesaian yang optimal terhadap permasalahan yang ada.



Fungsi atau function merupakan suatu program terpisah dalam blok sendiri yang bertugas sebagai sub-program atau modul program untuk memproses sebagian dari pekerjaan program utama. Fungsi digunakan dalam mengumpulkan beberapa perintah yang cukup sering dipergunakan dalam suatu program. Dengan menggunakan fumgsi,program yang dibuat menjadi lebih terstruktur dan juga mempersingkat waktu yang dibutuhkan dalam mengembangkan perangkat lunak karena dapat perangkat lunak dapat memakai komponen-komponen yang sama tanpa membuatnya kembali.

Fungsi pada bahasa pemrograman Python secara garis besar terbagi menjadi dua diantaranya :
  • Standard Library Function, fungsi-fungsi yang telah disediakan oleh Python baik dalam bentuk fungsi defaultnya atau fungsi dari librarynya.
  • User  Defined Function, fungsi yang dibuat sendiri, dan mempunyai nama yang unik atau tidak boleh serupa pada program. Bisa juga fungsi-fungsi yang dibuat dijadikan satu ke dalam satu library.

Untuk mendeklarasikan fungsi pada Python adalah dengan statemen def. Sedangkan statemen return digunakan untuk mengembalikan suatu nilai kepada bagian program yang memanggil fungsi tersebut.
Struktur fungsi pada bahasa pemrograman Python
  • Suatu fungsi diawali dengan statemen def kemudian baru diikuti dengan nama fungsi.
  • Suatu fungsi dapat mempunyai argumen parameter ataupun tidak
  • Tanda titik dua digunakan untuk menandakan awal pendefinisian isi dari fungsi yang terdiri dari statemen
  • Statement return menandakan akhir dari pemanggilan fungsi dan akan mengirimkan suatu nilai balik kepada program yang memanggil tersebut.  Statemen return pada fungsi sifatnya opsional.

Berikut adalah contoh fungsi tanpa parameter dan nilai return yang akan menampilkan kalimat “Halo Dunia”.

#deklarasi fungsi
def kalimat():
print("Halo Dunia")

#Pemanggil Fungsi
kalimat()

Maka hasilnya akan seperti gambar berikut :

Output Function Python


Berikut adalah contoh fungsi tanpa parameter dengan nilai return yang akan menghtung perkalian 5 dengan 10.

#fungsi hitung
def hitung():
return 5*10

#memanggil fungsi
show=hitung()
print("Hasil Perkalian :", show)

Hasilnya akan seperti berikut :

Output Function Python


Berikut adalah contoh fungsi dengan parameter dan nilai return yang akan menghitung perkalian berdasarkan parameter yang dimasukan. Masing parameter dipisahkan dengan tanda koma dan nilai parameter diisi oleh variabel kali.

#fungsi hitung
def hitung(bil1,bil2):
return bil1 * bil2

#memanggil fungsi dan mengisi parameter
kali=hitung(2,4)
print("Hasil Perkalian :", kali)

Hasilnya akan seperti berikut :

Output Function Python
Rekomendasi Web Hosting
Hosting murah minimal order 1 bulan cuma 20rb. Gunakan voucher diskon 20%, kode voucher: MCPROJECT, total bayar hanya 16rb!!! Daftar sekarang