Komponen Manajemen Proyek Perangkat Lunak

Artikel Terkait Ilmu Komputer
Manajemen proyek adalah suatu apikasi dari pengetahuan, keterampilan, peralatan dan teknik-teknik dalam kegiatan proyek untuk memenuhi kebutuhan pemangku berkepentingan atau stakeholder dan juga untuk mencapai harapan dari suatu proyek.  Biasanya yang menjadi kendala pada setiap proyek perangkat lunak adalah aspek ruang lingkup waktu, kualitas, dan juga biaya proyek. Namun, bukan berarti aspek yang lainnya tidak dianggap penting seperti sumber daya, komunikasi dan lain-lain. Semua aspek tersebut menjadi satu kesatuan dalam manajemen proyek dan musti dikelola bersama dengan baik.

Manajemen Proyek Perangkat Lunak
Sumber : newsignature.com


Manajemen proyek mempunyai beberapa karakteristik, yaitu diantaranya :
  • Terdapat kerjasama secara informal ataupun formal
  • Terdapat tujuan bersama dalam mencapai kepentingan bersama
  • Terdapat pembagian tugas, kerja dan juga tanggung jawab
  • Terdapat tim kerja dan adanya objek pekerjaan
  • Terdapat hubungan formal berdasarkan aturan yang ditetapkan bersama

Manajemen proyek perangkat lunak dilihat dari siklus proyek setidaknya mempuunyai empat tahapan atau fase, yaitu :
  • Tahap Identifikasi Proyek, tahapan ini mencakup aktivitas membuat inisiasi, menentukan kebutuhan dengan jelas, menentukan anggota tim kerja dan juga menganalisa kelayakan suatu proyek.
  • Tahap Perenanaan Proyek, tahapan ini mencakup menentukan solusi atau penyelesaian proyek dengan jelas dan rinci berdasarkan kegiatan dan aktivitas yang akan dilaksanakan, menentukan strategi dalam melaksanakan proyek, menentukan jadwal pengerjaan proyek, membagi-bagi tugas dan wewenang serta memperkirakan waktu dan biaya yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek.
  • Tahap Eksekusi Proyek, tahapan ini merupakan pelaksanaan aktivitas untuk menyelesaikan proyek dengan dilakukan dibawah pengawasan manajer proyek atau pimpinan proyek agar pelaksanaan proyek dapat sesuai dengan rencana yang telah ditentukan dan disepakati sebelumnya.
  • Tahap Akhir Proyek, tahapan ini merupakan penutupan proyek dengan memverifikasi bahwa proyek telah berhasil  diselesaikan dan telah memenuhi kebutuhan yang diharapkan.

Komponen Manajemen Proyek

Pondasi keberhasilan suatu manajemen proyek perangkat lunak adalah tersedianya sumber daya proyek. Komponen dari sumber daya proyek mencakup konteks ruang lingkup, waktu, kualitas, biaya, komunikasi, resiko, sumber daya, dan juga konfigurasi.

Ruang Lingkup

Konteks ruang lingkup proyek pada proyek perangkat lunak adalah merujuk pada spesifikasi kebutuhan dan juga berapa ukuran skala proyek dari perangkat lunak yang akan dilaksanakan. Dengan menentukan ruang lingkup proyek maka dapat diketahui biaya, waktu dan sumber daya yang akan dibutuhkan.

Waktu

Konteks waktu proyek adalah penentuan rentang waktu dalam menyelesaikan proyek. Diawalli dengan administrasi proyek, pengerjaan proyek dan diakhiri apabila proyek tersebut telah mencapai tujuan yang diharapkan atau juga bisa dihentikan apabila tujuan yang diharapkan tidak tercapai sehingga proyek dihentikan.

Kualitas

Konteks kualitas adalah untuk memastikan bahwa produk atau perangkat lunak yang dihasilkan mempunyai kualitas yang baik. Maka untuk menjamin kualitas tersebut baik, perlu pengawasan sepanjang pelaksanaan proyek.

Biaya

Konteks biaya, merujuk pada sponsor atau pemberi dana proyek yang akan dilaksanakan bisa individu, kelompok ataupun gabungan. Pada umumnya para sponsor proyek akan menjadi manajer senior yang bertanggung jawab dari suksesnya proyek.

Komunikasi

Konteks komunikasi pada proyek merujuk pada suatu alat, metode ataupun teknik yang diperguakan dalam melaksanakan proyek. Komunikasi akan menentukan kesuksesan suatu proyek karena komunikasi akan menjalin hubungan antara inter dan antar personal dalam sebuah proyek.

Resiko

Konteks resiko adalah konsekuensi dari pelaksanaan proyek. Tentunya saat mengembangkan perangkat lunak akan mempunyai beberapa resiko yang mungkin bisa terjadi. Resiko perlu diperhatikan dan dipertimbangkan diantaranya yang berkaitan dengan anggaran proyek, jadwal, sumber daya manusia, desain, interface dan lain sebagainya.

Sumber Daya

Konteks sumber daya meliputi manusia, piranti keras, piranti lunak ataupun aset-aset lainnya. Pada suatu proyek perangkat lunak membutuhkan berbagai keahlian dan kompetensi  ataupun kebutuhan demi suksesnya suatu proyek yang dilaksanakan.

Konfigurasi

Konteks konfigurasi proyek merupakan model atau mekanisme yang melambangkan kesatuan dari suatu proyek perangkat lunak. Konfigurasi proyek tercermin input, proses dan output secara rinci dan jelas pada keterkaitan entitas dengan entitas yang lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung. Model atau mekanisme dari konfigurasi ditentukan dari kapasitas teknologi informasi dan sumber daya yang lainnya.
Rekomendasi Web Hosting
Hosting murah minimal order 1 bulan cuma 20rb. Gunakan voucher diskon 30%, kode voucher: MCP, total bayar hanya 14rb!!! Daftar sekarang