Logika dan Algoritma

Artikel Terkait Ilmu Komputer
Algoritma tentunya sangat lekat menempel dengan logika, yaitu kemampuan seorang manusia dalam berfikir dengan akalnya mengenai suatu permasalahan dan menghasilkan  sebuah kebenaran atau penyelesaian, dengan dibuktikan dan bisa diterima oleh akal sehat. Logika seringkali dikaitkan dengan kecerdasan dalam penalaran, seseorang yang bisa berlogika dengan baik maka orang lain akan sering menyebutnya sebagai pribadi yang cerdas. Logika identik dengan istilah masuk akal dan penalaran. Penalaran merupakan salah satu bentuk dari hasil pemikiran. Pemikiran ini merupakan pengetahuan secara tak langsung yang didasari pada pernyataan langung pemikiran mungkin dan mungkin juga salah.

Logika Algoritma
Sumber : pelayananpublik.id


Logika berasal dari bahasa Yunani yaitu logos yang artinya ilmu. Logika dapat diartikan ilmu yang mengajarkan cara berfikir dalam melakukan kegiatan dengan tujuan tertentu. Algoritma berasal dari nama seorang ilmuwan Arab yang bernama Al Khuwarizmi dibaca oleh orang barat menjadi Algorism yang kemudian menjadi Algorithm. Algoritma bisa diartikan urutan dalam penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis menggunakan bahasa yang logis dalam memecahkan suatu permasalahan.

Logika dan algoritma merupakan ilmu yang mempelajari cara penyelesaian atau pemecahan suatu masalah berdasarkan urutan langkah-langkah terbatas yang disusun secara sistematis dan menggunakan bahasa yang logis dengan tujuan tertentu.

Agar lebih jelas mengenai maksud dari algoritma, dianalogikan sebuah permasalahan penukaran isi dari dua gelas. Terdapat dua buah gelas, gelas X dan gelas Y. Gelas X berisikan air teh sedangkan gelas Y berisikan air kopi. Tukarkan isi gelas tersebut sehingga menghasilkan gelas X yang awalnya berisikan air teh menjadi berisi air kopi sedangkan gelas Y yang pada awalnya berisi air kopi menjadi berisi air teh.

Permasalahan Algoritma Pertukaran Isi Gelas
Permasalahan Pertukaran Isi Gelas


Dalam memecahkan permasalahan tersebut maka untuk menukar isi gelas dengan benar adalah dibutuhkannya gelas tambahan yang kita beri nama gelas Z sebagai tempat atau wadah penampungan sementara. Sehingga bentuk algoritmanya adalah sebagai berikut :

Algoritma Pemecahan Masalah Pertukaran Isi Gela
Pemecahan Masalah Pertukaran Isi Gelas


  1. Siapkan gelas tambahan yaitu gelas Z
  2. Tuangkan air teh dari gelas X ke dalam gelas Z sehingga gelas  X menjadi kosong
  3. Tuangkan air kopi dari gelas Y ke dalam gelas X sehingga gelas Y menjadi kosong
  4. Tuangkan air teh dari gelas Z ke dalam gelas Y

Berdasarkan analogi tersebut dapat diketahui bahwa urutan langkah yang masuk akal atau logis sehingga isi dari keduanya udah berpindah tempat, dari X ke Y dan Y ke X. Algoritma dapat juga berbeda walaupun memiliki tujuan yang sama. Inilah yang disebut algoritma, urutan penyelesaian suatu permasalahan dengan urutan dan langkah yang logis.

Apabila terdapat suatu permasalahan yang sepertinya rumit hendaknya jangan berfikir dan terfokus pada sebuah masalah, sebab belum tentu masalah yang kita pikir nampak rumit itu benar-benar rumit. Pikirkanlah hal yang sederhana dalam memecahkan permasalahan itu, agar tidak terjebak pada pikiran rumit yang kita buat sendiri. Meski demikian tentunya juga jangan menganggap remeh masalah yang kecil, namun tetap berfikir sederhana dalam menghasilkan solusi yang efektif.

Diungkit sebelumnya bahwa dalam menentukan algoritma dalam memecahkan suatu masalah, mungkin dihadapkan pada beberapa pilihan algoritma. Tentunya perlu dipertimbangkan algoritma mana yang efektif, pertimbangan pada algoritma pertama adalah algoritma haruslah benar maksudnya algoritma akan memberikan hasil sesuai seperti yang diinginkan. Pertimbangan kedua yang perlu diperhatikan adalah seberapa baik hasil yang dicapai oleh algoritma tersebut maksudnya algoritma mana yang memberikan hasil yang sedekat mungkin dengan nilai yang sebenarnya atau yang diharapkan. Pertimbangan ketiga adalah efisiensi algoritma dilihat dari waktu dan penggunaan sumber daya seperti memori.

Dengan mengetahui dan belajar tentang logika dan algoritma maka diharapkan dapat membiasakan diri dalam menyelesaikan suatu masalah  dengan perencanaan. Karena permasalahan dapat diselesaikan dengan suatu perencanaan yang matang tentunya akan mendapatkan solusi yang optimal dibandingkan tanpa perencanaan.
Rekomendasi Web Hosting
Hosting murah minimal order 1 bulan cuma 20rb. Gunakan voucher diskon 30%, kode voucher: MCP, total bayar hanya 14rb!!! Daftar sekarang