Metode Inferensi Basis Pengetahuan Sistem Pakar (Forward Chaining dan Bakward Chaining)

Artikel Terkait Ilmu Komputer
Sistem pakar atau expert system adalah sistem yang berusaha mengadopsi atau menduplikasi pengetahuan manusia yang memilliki kemampuan khusus atau ahli ke dalam program komputer yang dirancang dalam memodelkan kemampuan menelesaikan masalah layaknya seorang pakar.



Basis Pengetahuan (Knowledge Base)

Sistem pakar berisikan fakta-fakta yang menggambarkan permasalahan dan teknik representasi pengetahuan yang memodelkan bagaimana fakta-fakta saling berkaitan secara logis. Basis Pengetahuan  tersusun atas fakta dan aturan (rule). Fakta adalah informasi mengenai objek dalam area permasalahan tertentu, sedangkan aturan merupakan informasi tentang cara bagaimana mendapatkan fakta baru dari fakta ang sebelumnya diketahui dengan mesin inferensi.

Metode Inferensi Sistem Pakar

Suatu keterkaitan inferensi yang menghubungkan suatu permasalahan dengan solusinya disebut dengan chain (rantai). Terdapat dua metode penalaran dengan rules, yaitu forward chaining dan backward chaining. Karakteristik dari forward chaining dan backward chaining dapat dilihat pada tabel di bawah.

Karakteristik Forward dan Backward Chaining
Karakteristik Forward dan Backward Chaining


Forward Chaining

Pencocokan atau penyesuaian fakta pernyataan diawali dari bagian sebelah kiri atau IF terlebih dahulu. Penalaran forward chaining diawali dari fakta untuk menguji kebenaran hipotesis.

Proses Forward Chaining
Proses Forward Chaining


Contoh penerapan metode forward chaining pada sistem pakar mendiagnosa penyakit hati dengan menganalisa jenis penyakit organ hati berdasarkan gejala-gejala yang diinputkan oleh pengguna.

Tabel Keputusan Diagnosa Penyakit Hati
Tabel Keputusan Diagnosa Penyakit Hati


Berdasarkan tabel keputusan di atas, kemudian dibentuk rule atau aturan sebagai berikut :
  • IF Demam AND Gejala mirip flu AND Rasa tidak enak pada tenggorokan THEN Hepatitis kronis
  • IF Demam AND Gejala mirip flu AND Nyeri pada persendian THEN Hepatitis akut
  • IF Demam AND Melaise AND Mual dan muntah THEN Sirosis Hati
  • IF Rasa letih dan lemah AND feses berwarna gelap AND adanya pembengkakan hati THEN Kanker hati

Backward Chaining

Pencocokan fakta atau pernyataan diawali dari bagian sebelah kanan atau THEN terlebih dahulu. Penalaran backward chaining diawali dari hipotesis kemudian diuji kebenaran hipotesis tersebut dengan mencari fakta-fakta yang ada pada basis pengetahuan.

Proses Backward Chaining
Proses Backward Chaining


Contoh penerapan backward chaining pada sistem pakar diagnosa penyakit tanaman padi.

Tabel pengetahuan Diagnosa Penyakit Padi
Tabel pengetahuan Diagnosa Penyakit Padi

Rekomendasi Web Hosting
Hosting murah minimal order 1 bulan cuma 20rb. Gunakan voucher diskon 30%, kode voucher: MCP, total bayar hanya 14rb!!! Daftar sekarang