Program Data Mining Algoritma K-Means Clustering pada Sistem Penilaian Puskesmas

Artikel Terkait Data Mining
Data mining merupakan proses pengambilan pola pada suatu data yang dapat menghasilkan output berupa informasi yang berguna atau pengetahuan baru. Sistem penilaian puskesmas dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL serta menerapkan metode clustering algoritma K-Means. K-Means Clustering adalah metode penganalisaan data atau metode Data Mining yang melakukan proses pemodelan unsupervised dan merupakan salah satu metode yang melakukan pengelompokan data dengan sistem partisi. Terdapat dua jenis data clustering yang sering dipergunakan dalam proses pengelompokan data yaitu Hierarchical dan Non-Hierarchical, dan K-Means merupakan salah satu metode data clustering non-hierarchical atau Partitional Clustering.

Sistem penilaian puskesmas dengan menggunakan metode clustering algoritma K-Means ini dikembangkan oleh Sofyan Setiawan, untuk hak aksesnya terdiri dari tiga level akses, yaitu bagian administrasi, pimpinan dan supplier. Beberapa fitur dan fasilitas yang tersedia pada sistem ini selain penilaian puskesmas dengan metode clustering k-means juga berupa mengelola data variabel, puskesmas, obat, fasilitas puskesmas, pasien dan lain sebagainya.

Berikut tampilan antarmuka dari sistem penilaian pukesmas dengan metode clutering k-means :

Data Mining Clustering dengan Algoritma K-Means pada Sistem Penilaian Puskesmas

Data Mining Clustering dengan Algoritma K-Means pada Sistem Penilaian Puskesmas

Data Mining Clustering dengan Algoritma K-Means pada Sistem Penilaian Puskesmas

Data Mining Clustering dengan Algoritma K-Means pada Sistem Penilaian Puskesmas


Instalasi
Setelah source code berhasil terunduh, kemudian ekstak apabila menggunakan XAMPP simpan folder sic-kmeans ke dalam folder htdocs, selanjutnya buat database baru dengan nama sic kemudian import file sic.sql yang berada di folder db ke dalam database yang dibuat barusan. Untuk menyesuaikan konfigurasi koneksi database terdapat pada file database.php yang berada di direktori application\config.

$db['default']['hostname'] = 'localhost';
$db['default']['username'] = 'root';
$db['default']['password'] = '';
$db['default']['database'] = 'sic';
$db['default']['dbdriver'] = 'mysql';


Gunakan akun berikut untuk dapat masuk ke dalam sistem.
Akun Administrasi
Username : admin
Password : admin

Akun Pimpinan
Username : pimpinan
Password : pimpinan

Akun Supplier

Username : supplier
Password : supplier

Apabila tertarik dengan sistem penilaian pukesmas dengan metode clustering algoritma k-means berbasis web ini dan ingin mempelajarinya maupun mengembangkannya silahkan diunduh melalui tombol yang tersedia di bawah.

Download Source Code Sistem Penilaian Puskesmas Metode Clustering K-Means

Password rar : blogbugabagi.blogspot.com
Unduh Via Mediafire

Bingung bagaimana cara mendownload silahkan baca postingan : cara mendownload jika terdapat link yang mati atau file yang corrupt silahkan tulis di kolom komentar atau laporkan pada form kontak klik disini 
Semoga bermanfaat buat temen- temen semua, temen -temen juga boleh untuk mengembangkan sehingga menjadi lebih baik lagi. Dan jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar, Share jika bermanfaat ke temen – temennya. Salam Berbagi.
Rekomendasi Web Hosting
Hosting murah minimal order 1 bulan cuma 20rb. Gunakan voucher diskon 30%, kode voucher: MCP, total bayar hanya 14rb!!! Daftar sekarang