Peran dan Tanggung Jawab Profesi dalam Bidang Teknologi Informasi Komputer

Artikel Terkait Ilmu Komputer
Pekerjaan di dalam bidang teknologi informasi komputer sudah bisa dikatakan sebagai suatu profesi dikarenakan memenuhi kriteria profesionalisme.

Profesi Peran dan Tanggung Jawab dalam Bidang Teknologi Informasi Komputer
Sumber : jurnalweb.com


Menurut Almady (2011) yang termasuk ke dalam profesi di bidang teknologi informasi, daiantaranya adalah sebagai berikut :
  • Programmer, seseorang yang bertugas untuk menerapkan rancangan sistem analisis dengan membuat kode program sesuai dengan bahasa pemrograman tertentu.
  • Sistem Analis, seseorang yang bertugas dalam menganalisa dan merancang suatu sistem yang akan dibangun atau dikembangkan.
  • Web Designer dan Front end, seseorang yang bertugas menganalisa tampilan dan desain dan mengimplimentasikan desain tersebut berbasis web.
  • Web Programmer dan back end, seseorang yang bertugas merancang dan membangun fungsi logika dan fitur pada suatu sistem berbasis web.
  • Technical Engineering, atau teknisi seseorang yang bertugas pemeliharaan dan perbaikan sistem komputer ataupun perangkat komputer.
  • Network Engineering, seseorang yang bekutat pada bidang teknis jaringan komputer seperti pemasangan, pemeliharaan hingga perbaikan jaringan komputer.
  • System Administrator, seseorang yang bertugas dalam melakukan kegiatan administrasi terhadap suatu sistem.
  • EDP Operator, seseorang yang bertugas mengoperasikan program yang berkaitan dengan elektronik dan pemrosesan data.
  • MIS Director, seseorang yang bertugas melakukan manajemen terhadap suatu sistem secara keseluruhan baik perangkat lunak, keras maupun sumber daya manusianya.

Spesifikasi dan peran tanggung jawab dari setiap profesi di bidang teknologi informasi, diantaranya :

Programmer

Seorang programmer diharuskan menguasai dan memiliki kemampuan salah satu atau lebih bahasa pemrograman. Terdapat beberapa macam programmer ada yang bertugas membuat aplikasi ada juga yang betanggung jawab dalam membuat database ada yang bertugas merancang tampilan antarmuka atau desain interface.

Seorang programmer harus mempunyai logika dan penalaran yang tepat dan cepat, mampu menerjemahkan rancangan ke dalam bahasa pemrograman, tanggung jawab programmer adalah sebagai berikut :
  • Menulis, memperbarui dan memelihara program komputer
  • Melakukan pengujian program untuk memastikan kelayan suatu program
  • Mendokumentasikan pengembangan program sehingga orang lain dapat memahami program

Network Engineer

Network engineer bertanggung jawab dalam instalasi dan mendukunh komunikasi jaringan komputer dalam suatu organisasi ataupun instansi, tugas network engineer, diantaranya :
  • Memasang, memperbaiki dan memelihara infrastruktur jaringan komputer
  • Monitoring penggunaan jaringan komputer
  • Mengelola akun pengguna dan perizinan penggunaan
  • Memastikan perangkat IT memenuhi standar
  • Merencanakan dan menerapkan pengembangan IT untuk masa mendatang
  • Menyediakan solusi IT terhadap masalah bisnis dan manajemen

Seorang network engineer perlu menguasai beberapa kemampuan seperti pemrograman yang berkaitan dengan jaringan komputer, menguasai pemasangan dan pengelolan jaringan komputer berupa infrastruktur jaringan dan juga memahami konsep jaringan di industri dan memodelkan pelayanan jaringan kepada klien atau pengguna.

Analis Sistem

Seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, koordinasi perangkat dan merekomendasikan suatu perangkat baik lunak, keras dan juga sistem yang sesuai dengan kebutuhan oganisasi bisnis. Seorang analis sistem berperan penting dalam proses pengembangan sistem sehingga dituntut memiliki kemampuan analis, teknis, manajerial dan interpersonal atau berkomunikasi dengan orang lain. Seorang analis sistem juga harus menguasai beberapa jenis bahasa pemrograman, sistem operasi, serta perangkat keras yang digunakan dan bertanggung jawab atas kelayakan suatu sistem komputer. Pada intinya seorang analis sistem bertugas dalam hal-hal berikut :
  • Memperluas atau memodifikasi sistem agar meningkatkan kinerja dan melayani tujuan baru
  • Menguji, memelihara dan juga memonitoring program komputer dan sistem termasuk koordinasis instalasi program komputer dengan sistem
  • Menentukan software atau hardware yang dibutuhkan
  • Mengintegrasikan sistem komputer dalam suatu organisasi
  • Memperbaiki prosedur desain sistem, pengujuuan dan standar kualitas

IT Support

Seseorang yang bertugas mengatasi atau menangani masalah umum yang terjadi pada komputer seperti instalasi software, perbaikan hardware dan membuat jaringan komputer. IT Support dituntut menguasai bagian-bagian dan komponen perangkat keras komputer, mengetahui cara install program atau sitem operasi, bisa mengatasi troubleshooting yang sering muncul pada sebuah komputer dan juga menguasai sejumlah aplikasi pada komputer.

Sofware Engineer

Software engineer harus mempunyai keahlian dalam membuat dan membangun perangkat lunak dari tahap awal spesifikasi sistem hingga pemeliharaan sistem setelah selesai dan sudah digunakan. Software engineer bertanggung jawab dalam merancang dan mengimplimentasikan metode terbaik dalam pengembangan proyek perangkat lunak dan musti menguasai bahasa pemrograman dan sistem analis serta metode pengembangan software.

Web Administrator

Seseorang yang bertanggung jawab secara teknis dalam operasional suatu situs website meliputi menjaga kelancaran akses situs web, instalasi dan konfigurasis situs web, memelihara hosting dan domain, menjaga keamanan server, firewall dan situs web itu sendiri serta mengelola akun dan informasi pada situs web.

Rekomendasi Web Hosting
Hosting murah minimal order 1 bulan cuma 20rb. Gunakan voucher diskon 30%, kode voucher: MCP, total bayar hanya 14rb!!! Daftar sekarang