Variabel dan Tipe Data pada Javascript

Artikel Terkait Javascript
Javascript merupakan bahasa web browser yang saat ini mulai bertransformasi menjadi bahasa pemrograman yang patut diperhitungkan. Bahasa Javascript yang dulu tidak sepopuler sekarang ini, bahkan sekarang Javascript bisa digunakan sebagai bahasa pemrograman server dengan menggunakan bantuan node JS.

Variabel dan Tipe Data pada Javascript


Variabel

Variabel merupakan suatu kode yang merujuk pada suatu lokasi di memori dimana sebuah data berada. Suatu variabel tidak berisi atau menyimpan data namun merupakan referensi atau rujukan sebuah data di memori.
Satu buah data dapat dirujuk oleh lebih dari satu variabel. Pada kode di bawah berikut, variabel myLaptop dan wifeLaptop sama-sama merujuk pada satu data yaitu objek Laptop yang sama.

var myLaptop = new Laptop();
var wifelaptop = myLaptop;

Terdapat dua tahapan yang dibutuhkan dalam menggunakan variabel yaitu, deklarasi dan inisialisasi atau definisi. Mendeklarasikan variabel dapat dengan menggunakan tag atau kata kunci var seperti pada contoh berikut :

var namaDepan;
var no_hp;
var alamat1;

Saat mendeklarasikan variabel bisa menggunakan kombinasi huruf, angka dan simbol underscore untuk memberikan nama variabel akan tetapi nama variabel tidak boleh diawali dengan angka, jadi penggunaan angka bisa disisipkan ditengah maupun di akhir.

Pada saat variabel dideklarasikan, nilainya adalah undefined hingga kita melakukan inisialisasi. Inisialisasi suatu variabel bermaksud memberikan nilai awal pada variabel tersebut. Inisialisasi dan deklarasi dapat dilakukan dalam satu baris atau baris yang terpisah.

var merk_laptop = ‘HP’;
var merk_laptop;
  merk_laptop = ‘HP’;

Atau kita juga bisa mendeklarasikan beberapa variabel sekaligus hanya dengan satu kata kunci var dimana antara satu variabel dengan yang lain dipisahkan dengan koma. Seperti pada contoh berikut ini.

var merk = ‘HP’, type=’Notebook’, ram=4;

var merk = ‘HP’,
type=’Notebook’,
ram = 4;

Pada bahasa Javascript memungkinkan kita membuat data dengan dua notasi yaitu literal dan konstruktor dengan keyword new. Notasi litera biasanya lebih disukai untuk tipe data dasar seperti object, array, number dan string sedangkan untuk notasi konsruktor kita gunakan dalam mengcustom type.

var no=[1,2,3];
var obj={};
var n = 123;

var no = new Array(1,2,3);
var obj = new Object();
var n = new Number(123);

String

String merupakan data yang berisi deretan karakter yang umumnya digunakan dalam merepresentasikan sebuah teks. String diawali dan diakhiri dengan tanda kutip ganda () atau kutip tunggal ().

var merk = “HP”;
var merk = ‘HP’;

Number

Number merupakan representasi data numerik, pada Javascript data ini secara default berjenis floating point atau desimal akan tetapi kita juga bisa menggunakan oktal maupun hexadesimal.

var n = 1;
var o = 0377;
var warna = 0xFFFFFF;

Array

Array merupakan struktur data sederhana yang berisikan deretan data atau elemen yang dapat diakses dengan menggunakan nomor indeks atau key. Indeks sebuah array dimulai dari nol.

var a = [1,2,3];

Object

Object merupakan pusatnya tipe data dalam Javascript. Dengan kata lain, semua tipe data merupakan turunan dari object. Dalam membuat objek dapat dengan menggunakan notasi literal {}.

var laptop = {};

Boolean

Boolean biasanya digunakan dalam operasi kondisional, data bertipe boolean merupakan data yang hanya bisa bernilai true dan false.

Var a = true;


Rekomendasi Web Hosting
Hosting murah minimal order 1 bulan cuma 20rb. Gunakan voucher diskon 30%, kode voucher: MCP, total bayar hanya 14rb!!! Daftar sekarang