Manfaat Metodologi Penelitian

Artikel Terkait Ilmu Komputer
Metode merupakan kerangka kerja dalam melakukan suatu aksi atau tindakan. Bisa disebut juga sebagai kerangka berpikir dalam menyusun suatu ide atau gagasan yang terarah yang berkaitan dengan maksud dan tujuan yang ingin diraih.

Sedangkan metode ilmiah merupakan proses keilmuan dan penelitian dalam mendapatkan pengetahuan secara sistematis dengan berdasarkan bukti fisis yang benar-benar sesuai fakta.

Suatu metode penelitian yang tepat akan meningkatkan keberhasilan suatu penelitian. Salah satu poin penting dalam melakukan penelitian adalah merumuskan metodologi penelitian, dengan metodologi suatu penelitian harus tergambar secara jelas dan sistematis.

Metodologi Penelitian


Pada dasarnya suatu metode adalah bagian dari metodologi. Karena pada penelitian kta menjelaskan cara-cara dan tahapan penelitian ini bisa disebut dengan metodologi. Di dalam metodologi tentu terdapat metode, teknik ataupun peralatan yang kita gunakan dalam penelitian.

Dapat disimpulkan bahwa metodologi adalah sebuah formula dalam penerapan penelitian yang dimana pada saat melakukan penelitian tersebut terdapat tahapan dan langkah-langkah serta hasil dari penelitian yang dilakukan. Metodologi penelitian dalam bidang ilmu komputer merupakan langkah-langkah perencanaan dengan menggunakan beberapa metode (misalkan metode pengembangan atau algoritma), teknik, peralatan dan perangkat serta dokumentasi dengan harapan dapat membantu peneliti dalam meminimalisir resiko kegagalan dan lebih berfokus pada proses penelitian di bidang ilmu komputer.

Suatu metodologi bisa berbeda antar yang satu dengan yang lain, ini dikarenakan adanya penekanan yang berbeda-beda dalam melakukan penelitian. Misalnya seperti berikut :

  • Penekanan pada pendekatan keilmiahannya
  • Penekanan pada pendekatan yang otomatis
  • Penekanan pada pendekatan yang prakmatis
  • Penekanan pada dimensi sosial manusia atau lingkungannya

Manfaat Metodologi

Metodologi penelitian pada dasarnya adalah operasionalisasi dari epistemologi yang mengkaji perihal urutan tahapan atau langkah-langkah yang dijalani supaya pengetahuan yang didapatkan memenuhi kriteria ciri-ciri ilmiah. Epistemologi akan memberikan pemahaman mengenai cara  maupun teori dalam menemukan atau menyusun pengetahuan dari ide, materi maupun dari keduanya.

Metodologi juga bisa dilihat sebagai bagian dari logika yang mengkaji kaedah penalaran yang tepat dan benar. Pada suatu metodologi hal yang tak kalah penting adalah asumsi atau pendapat yang melatarbelakangi berbagai metode yang digunakan dalam penelitian. Asumsi atau pendapat yang dimaksud adalah pendirian yang akan dikembangkan para peneliti dalam kegiatan penelitian ilmiah mereka.

Dalam memilih suatu metodologi yang tepat dan benar pada sebuah penelitian, maka kita diharuskan mengembangkan suatu pengetahuan dasar mengenai perlunya data-data dan informasi-informasi mengenai metodologi dan subyek penelitian yang pada umumnya digunakan. Hal ini akan membantu para peneliti, sehingga pada saat memeilih metodologi penelitian yang ada, bisa dimengerti baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam lingkungan formal seperti pekerjaan atau institusi pendidikan.

Manfaat Menggunakan Metodologi :

  • Metodologi membuat kita lebih berpengetahuan dan juga lebih berguna dalam berargumen dikarenakan  selalu berdasarkan fakta bukan didasari opini sendiri atau berdasasrkan pada intuisi-intuisi belaka.
  • Metodologi bisa membuat kita lebih memahami penelitian yang dilakukan, lebih bertanggung jawab dan lebih responsible dan compfortable.
  • Dengan menerapkan metodologi pada penelitian kita bisa dengan mudah menguraikan lebih banyak lagi gambaran berupa saran, masukan-masukan yang bisa di elaborate dan dipondasikan berdasarkan fakta-fakta yang ditemukan dalam memuncukan ide-ide baru.


Metodologi terdiri dari fase-fase dan subfase yang akan menuntun para peneliti memilih metode, teknik dan prosedur apa yang tepat dan peralatan atau perangkat apa saja yang akan digunakan sehingga setiap langkah-langkah peneliian dilakukan dengan benar dan tepat. Dengan metodologi para peneliti akan merasa terbantu dalam merencanakan, mengelola, mengontrol, mengolah dan mengevaluasu setiap kemajuan pada penelitiannya.


Rekomendasi Web Hosting
Hosting murah minimal order 1 bulan cuma 20rb. Gunakan voucher diskon 30%, kode voucher: MCP, total bayar hanya 14rb!!! Daftar sekarang