Beberapa Komponen Penting Pada Xampp

Pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang dengan judul artikel .

Artikel Terkait Database Lainnya
Jangan lupa membaca artikel sebelumnya, yaitu > Panduan Pemrograman Pemula.

Melanjutkan tutorial Database MySQL menggunakan Xampp. Pada Artikel kali ini akan saya bahas beberapa istilah penting yang ada pada Xampp. Setelah sebelumnya sudah saya jelaskan bagaimana cara install xampp pada komputer anda, kali ini saya akan jelaskan beberapa istilah atau panduan awal setelah anda install xampp.

Berikut penjelasannya :
1. Bagusnya Xampp di Install di drive C atau D
Secara default pada saat installasi Xampp akan diarahkan ke drive C. Anda bisa mengikuti arahan xampp atau anda bisa mengubah installasi ke drive D atau E. kemudian ada pertanyaan bagusan mana diinstall di drive C atau D ? menurut saya semuanya bagus atau semuanya boleh. namun saya seringnya menggunakan drive D, dengan alasan agar data tidak hilang ketika OS harus install ulang. Jika anda menginstall di Drive C, maka ketika OS anda bermasalah anda data akan hilang atau anda bisa membackupnya terlebih dahulu.

2. Apa itu Htdocs pada Xampp
HTDOCS pada Xampp adalah sebuah web root atau folder dasar dalam web server. Jadi jika anda ingin membuat website atau aplikasi menggunakan web server, maka anda bisa membuat sebuah folder didalam htdocs, contoh : Anda buat folder dengan nama "aplikasiku" maka ketika anda mengakses aplikasi pada web server dengan alamat : http://localhost/aplikasiku/
jika anda menggunakan folder dengan nama lain seilahkan disesuaikan.
Jika anda menginstall Wamp, maka web rootnya bukan htdocs akan tetap pada folder www

3. Apa itu file Index
File index adalah sebuah file yang akan di proses pada sebuah directory pada sebuah web server. Sebagai contoh diatas, kita telah membuat folder dengan nama "aplikasiku" pada htdocs. Jika anda menaruh beberapa file video, arsip rar, dokument word dan lain sebagainya. maka anda bisa melihat dengan mengakses localhost/aplikasiku. Namun jika anda tambahkan file index.html atau index.php maka yang akan diakses pertama adalah file index tersebut. Kemudian jika anda mempunyai sebuah hosting saran saya pada setiap folder anda berikan file index hal ini untuk alasan keamanan agar website aman dari hacking oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

4. Apa itu Apache ?
Pada saat anda menginstall Xampp maka secara default Apache sudah terinstall pada aplikasi Xampp. Apache adalah sebuah Web Server, xampp bersifat open source, jadi semua orang dapat menggunakannya secara gratis. Bahkan anda bisa mengedit kode programnya. Fungsi utama dari Apache yakni menghasilkan halaman web. Jika anda ingin membuat sebuah website dan untuk mereviewnya anda bisa melakukan testing di web server local anda, yaitu melalui kerja dari Apache ini.

5. Port Apache dan MySQL
Jika anda sudah menginstall Xampp namun anda tidak bisa menjalankan Apache dan MySQL. Biasanya hal ini dikarenakan Port yang digunakan Apache atau MySQL sudah digunakan oleh program lain. Walaupun port biasanya sudah dibagi-bagi namun ada kalanya sudah digunakan oleh Aplikasi lain yang sudah terinstall terlebih dahulu. Untuk apache sendiri biasanya menggunakan Port 80, 443. Jika sudah digunakan oleh aplikasi lain contoh Aplikasi Skype, maka anda bisa merubah menjadi Port 8080 dan 444. Sedangkan MySQL secara default menggunakan Port : 3306.

6. Apa itu PHP ?
Sebenarnya dalam memberikan tutorial Xampp ini nantinya akan berkaitan dengan Tutorial PHP yang saya berikan pada website JNM ini. PHP adalah bahasa pemograman untuk membuat website atau membuat aplikasi berbasis web. Dengan PHP anda dapat membuat halaman web yang dinamis.selain mendukung di sistem operasi Windows, PHP juga dapat di gunakan pada mac OS,Linux,dan sistem operasi yang lainnya.

7. Apa itu MySQL
MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (Database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. Hampir semua Website dinamis mengguankan database MySQL. Dan database mysql pada website JNM sangat banyak contoh dan banyak digunakan dalam membuat aplikasi baik Visual Basic 6.0, VB .NET maupun Aplikasi dengan PHP
Demikianlah beberapa istilah atau komponen penting yang ada di Xampp. Semoga bermanfaat untuk anda, jika ada pertanyaan anda bisa berkomentar dibawah, atau jika anda akan belajar database lainnya, anda bisa KLIK DISINI.


Selain sebagai media informasi pemrograman, kami juga berbagi artikel terkait tips trik Android.

Penelusuran terkait Database

Berlangganan artikel
Daftarkan e-mail Anda dibawah ini
Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Kategori Terpopuler

0/Posting Komentar/Komentar