Pengertian dan Fungsi SQL Server

Pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang dengan judul artikel .

Artikel Terkait Database Lainnya
Jangan lupa membaca artikel sebelumnya, yaitu > Panduan Pemrograman Pemula.

Pada tutorial database kali ini saya akan melanjutkan pembahasan mengenai SQL Server. Apa yang dimaksud SQL Server? Apa itu SQL? Apa Kegunaan SQL? Bagaimana SQL bekerja? Apa kelebihan dan Kekurangan SQL Server? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan coba saya jawab satu persatu sehingga anda semakin jelas dengan SQL Server.

Setelah beberapa hari ini saya update tutorial database MySQL, kali ini atau bahkan beberapa hari kedepan saya akan membahas tentang SQL Server dan semoga tutorial database yang diberikan oleh Javanet media semakin lengkap dan menambah knowledge kepada anda. Mudah-mudahan bisa diimplementasi di dunia Pendiidkan ataupun Dunia Kerja.

Pengertian dan Fungsi SQL Server | Tutorial SQL Server Lengkap

1. Pengertian SQL SERVER

Sebelum saya ulas pengertian Microsoft SQL Server, saya akan coba pecah terlebih dahulu.
1. SQL adalah singkatan atau kependekan dari Structured Query Language.
2. SQL SERVER adalah sistem manajemen database relasional (RDBMS) yang dirancang untuk aplikasi dengan arsitektur client/server. Istilah client, server, dan client/server dapat digunakan untuk merujuk kepada konsep yang sangat umum atau hal yang spesifik dari perangkat keras atau perangkat lunak. Pada level yang sangat umum.
Jadi secara umum SQL Server adalah sebuah Software yang dibuat oleh perusahaan Microsoft yang digunakan untuk membuat database yang dapat diimplementasikan untuk Client Server.
CLIENT adalah setiap komponen dari sebuah sistem yang meminta layanan atau sumber daya (resource) dari komponen sistem lainnya.
SERVER adalah setiap komponen sistem yang menyediakan layanan atau sumber daya ke komponen sistem lainnya.

Kemudian pada pengertian selebelumnya terdapat kata RDBMS. Berikut penjelasannya :
RDBMS adalah singkatan Relational Database Management System.
RDBMS adalah dasar untuk SQL, dan untuk semua sistem database modern seperti MS SQL Server, IBM DB2, Oracle, MySQL, dan Microsoft Access.
Data dalam RDBMS disimpan dalam objek database yang disebut tabel.
TABEL adalah kumpulan data entri terkait dan terdiri dari kolom dan baris.

Pada artikel JNM selanjutnya akan dijelaskan bagaimana proses installasi database SQL Server kemudian Membuat Database dan Tabel dan Tutorial yang lebih menarik lainnya.

2. Pengertian dan Fungsi SQL

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa SQL merupakan singkatan dari Structured Query Language, yang diantaranya mempunyai fungsi :
  • SQL memungkinkan anda mengakses dan memanipulasi database.
  • SQL dapat mengeksekusi query terhadap database
  • SQL dapat mengambil data dari database
  • SQL dapat menyisipkan data dalam database
  • SQL dapat memperbarui data dalam database
  • SQL dapat menghapus data dari database
  • SQL dapat membuat database baru
  • SQL dapat membuat tabel baru dalam database
  • SQL dapat membuat prosedur yang tersimpan dalam database
  • SQL dapat menggabungkan beberapa tabel didalam database
  • SQL dapat mengatur hak akses pada tabel, prosedur, dan lain-lain
Itulah beberapa fungsi dari SQL, yang mungkin masih banyak fungsi lainnya yang tersembunyi.

3. Kenapa kita harus mempelajari SQL Server

Alasan kenapa harus mempelajari SQL Server dan Kenapa pada website Javanet Media dibahas secara detail SQL Server? Pada tutorial sebelumnya saya sudah membuat tutorial VB 6.0 maupun VB .NET yang menggunakan database SQL Server.
Kenapa anda harus mempelajari SQL Server :
1. SQL Server adalah product dari Microsoft, maka jika anda menggunakan Windows, kemudian bahasa pemograman dengan Visual Studio, dan server anda menggunakan OS Windows Server yang kesemuanya itu menggunakan product dari microsoft maka akan mudah dalam konfigurasi secara akun dan sangat kompability karena berasal dari perusahaan yang sama.
2. SQL Server Mempunyai Privileged Access atau hak Akses yang digunakan untuk mengakses database pada SQL Server. Oleh karenanya jika anda menggunakan domain pada Server maka SQL Server sangat support dengan satu pintu login bisa mengakses banyak aplikasi dari product microsoft
3. Bagi Dunia Kerja SQL Server banyak digunakan pada perusahaan besar. Bagi anda yang masih duduk didunia sekolah atau perguruan tinggi, bekerja diperusahaan besar adalah sebuah impian. Maka jika perusahaan besar saja menggunakan SQL Server maka jika anda bisa mengoperasikan SQL Server kesempatan untuk bisa masuk ke perusahaan besar tersebut akan terbuka.
Demikian beberapa alasan kenapa anda harus memperlajari SQL Server

4. Kelebihan dan Kekurangan SQL Server

Kelebihan SQL Server adalah SQL Server sangat powerfull dan banyak sekali digunakan di perusahaan-perusahaan besar karena memang sangat powerfull untuk konsep Client Server. Selain ada kelebihan pasti ada kekurangannya. Apa kekurangan SQL Server?
Yappp SQL Server adalah software berbayar. SQL Server tidak gratis, oleh karenanya hanya perusahaan-perusahaan besar yang mampu untuk menggunakan SQL Server. Walaupun ada SQL Server yang gratis yaitu versi Express namun banyak fitur yang kurang lengkap dari versi yang berbayar.

5. Apa saja yang harus dipelajari pada SQL Server

Belajar SQL Server memang menarik, ada beberapa perbedaan jika anda sering menggunakan MySQL. di website Javanet Media ini saya akan berikan tahap by tahap sehingga anda lebih paham dan lebih runut dalam mempelajari SQL Server ini.
Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian dan Fungsi dari SQL Server. Mudah-mudahan bisa dimengerti dan ikuti terus tutorial SQL Server Selanjutnya.


Selain sebagai media informasi pemrograman, kami juga berbagi artikel terkait tips trik Android.

Penelusuran terkait Database

Berlangganan artikel
Daftarkan e-mail Anda dibawah ini
Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Kategori Terpopuler

0/Posting Komentar/Komentar