Pengertian dan Kegunaan Xampp

Pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang dengan judul artikel .

Artikel Terkait Database Lainnya
Jangan lupa membaca artikel sebelumnya, yaitu > Panduan Pemrograman Pemula.

Pada BAB database kali ini saya akan membahas tentang Xampp. Apa itu xampp dan apa fungsinya? Sebenarnya pembahasan ini telat kebelakang, karena faktanya Javanet media telah banyak membahas tutorial tentang database MySQL yang dikoneksikan kedalam Aplikasi Visual Basic. Namun karena saya akan membahas Website dan Pemograman PHP, maka tidak ada salahnya saya membuat Artikel pengertian Xampp.

Langsung saja, Xampp adalah sebuah software gratis ( Free ) artinya anda bisa menggunakan mendownload dan menginstall pada komputer anda secara gratis yang mempunyai fungsi untuk membuat Sever Local (localhost) membangun database, dan menjalankan bahasa pemograman seperti PHP atau Perl.

Xampp sendiri kependekan dari  X (empat sistem operasi), Apache, MySQL, PHP dan Perl.
Xampp dapat dijalankan dibanyak sistem operasi (OS), seperti Windows, Linux, Mac OS, dan Solaris. Kemudian Apache, merupakan aplikasi web server. Tugas utama Apache adalah menghasilkan halaman web yang benar kepada user berdasarkan kode PHP yang dituliskan oleh pembuat halaman web. jika diperlukan juga berdasarkan kode PHP yang dituliskan,maka dapat saja suatu database diakses terlebih dahulu (misalnya dalam MySQL) untuk mendukung halaman web yang dihasilkan.
MySQL, merupakan aplikasi database server. Perkembangannya disebut SQL yang merupakan kepanjangan dari Structured Query Language. SQL merupakan bahasa terstruktur yang digunakan untuk mengolah database. MySQL dapat digunakan untuk membuat dan mengelola database beserta isinya. Kita dapat memanfaatkan MySQL untuk menambahkan, mengubah, dan menghapus data yang berada dalam database.

PHP, bahasa pemrograman web. Bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa pemrograman untuk membuat web yang bersifat server-side scripting. PHP memungkinkan kita untuk membuat halaman web yang bersifat dinamis. Sistem manajemen basis data yang sering digunakan bersama PHP adalah MySQl. namun PHP juga mendukung sistem manajement database Oracle, Microsoft Access, Interbase, d-base, PostgreSQL, dan sebagainya.
Perl, bahasa pemrograman untuk segala keperluan, dikembangkan pertama kali oleh Larry Wall di mesin Unix. Perl dirilis pertama kali pada tanggal 18 Desember 1987 ditandai dengan keluarnya Perl 1. Pada versi-versi selanjutnya, Perl tersedia pula untuk berbagai sistem operasi varian Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows,PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC.

Selain Xampp terdapat juga ‎WAMP, MAMP, SAMP, LAMP yang masing-masing mempunyai karakteristik sendiri-sendiri.

Xampp adalah sebuah software untuk membuat database dan Web Server yang digunakan untuk membuat website maupun aplikasi yang menggunakan Database MySQL lainnya. Banyak tutorial di JNM yang menggunakan Database MySQL dan untuk bisa membuat Database MySQL, anda harus install Xampp terlebih dahulu.


Selain sebagai media informasi pemrograman, kami juga berbagi artikel terkait tips trik Android.

Penelusuran terkait Database

Berlangganan artikel
Daftarkan e-mail Anda dibawah ini
Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Kategori Terpopuler

0/Posting Komentar/Komentar