Sekilas Tentang Steganografi dan Metodenya

Pada kesempatan kali ini Mycoding.net akan mengulas tentang , dengan judul artikel Sekilas Tentang Steganografi dan Metodenya.

Artikel Terkait Ilmu Komputer
Steganography atau steganografi adalah suatu seni dalam ilmu untuk menyembunyikan pesan didalam pesan lainnya dengan sedemikian rupa agar orang lain yang melihat isi pesan tidak menyadari bahwa ada suatu pesan rahasia didalam pesan teks tersebut. Steganography sendiri merupakan kata yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu steganos yang berarti tersembunyyi atau terselebung sedangkan graphien berarti menulis. Dari etimologi dan definisi sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan bahwa steganography merupakan tulisan yang tersembunyi.

What Steganografi

Tujuan Steganografi

Steganography mempunyai tujuan utama, yaitu untuk merahasiakan atau menyembunyikan keberadaan dari sebuah pesan tersembunyi atas sebuah informasi.

Kelebihan Steganografi dengan Kriptografi

Steganografi dengan Kripografi

Steganography mempunyai keunggulan dibandingkan cryptography, yaitu pesan-pesanya tidak membuat menarik perhatian orang lain. Sedangkan kriptografi membuat pesan-pesan berkode yang tidak disembunyikan, walaupun kriptografi sulit untuk dipecahkan, namun tetap saja menimbulkan kecurigaan karena berbentuk kode rahasia. Banyak juga yang menerapkan steganography dan kriptografi digunakan secara bersamaan dalam upaya memperkuat keamanan pesan rahasia.

Pada penerapan dan praktiknya, kebanyakan pesan sering disembunyikan dengan membuat perubahan tipis terhadap data digital lain yang tidak menarik perhatian dari seseorang, terutama penyerang atau pembobol. Sebagai ilustrasi, misalnya sebuah gambar yang nampak tidak berbahaya. Perubahan ini bergantung pada kunci dan pesan untuk disembunyikan.

Orang akan menerima gambar yang kemudian bisa disimpulkan informasi terselubung di dalamnya dengan mengganti kunci yang benar ke dalam algoritma yang diterapkan. Metode steganografi ini sangat berguna dalam dunia digital, berkat banyaknya format berkas digital yang bisa dijadikan media untuk menyembunyikan pesan.

Gambaran Sistem

Gambaran Aur Steganografi

Gambar menunjukkan sebuah sistem steganografi, umum yang dimana bertugas di bagian pengirim pesan (sender), dilakukann proses embedding (fe) pesan yang akan dikirim secara tersembunyi dan rahasia (emb) ke dalam data cover sebagai tempat penyimpanan pesan rahasia (cover), dengan menggunakan kunci tertentu (key), sehingga diperoleh data dengan pesan terselubung di dalamnya (stego).

Pada bagian penerima pesan (recipient), dilakukan proses ekstraksi (fe-1) pada stego guna memisahkan pesan rahasia (emb) dan data penyimpanannya (cover) tadi dengan menggunakan kunci yang sama seperti pada proses embedding tadi. Jadi hanya orang yang mengetahui kunci ini saja yang bisa mengekstraksi pesan tersembunyi tadi.

Metode-metode Steganografi

Secara garis besar setidaknya terdapat empat metode dalam steganografi diantaranya yaitu, spread spectrum method. Algorithms and transformation, redundan pattern encoding dan least significant bit insertion atau disingkat LSBI. Berikut ulasan dari keempat metode tersebut  :

1. Spread Spectrum Method

Spread spectrum method merupakan metode steganografi yang terpencar sebagai pesan yang diacak (enkripsi) melalui gambar. Untuk membaca isi pesan, penerima membutuhkan suatu algoritma yaitu crypto-key dan stego-key. Metode terbilang cukup mudah untuk dibobol yaitu dengan penghancuran atau perusakan dari kompresi dan proses image.

2. Algorithms and Transformation

Algoritma kompresi merupakan salah satu metode steganografi dengan menyembunyikan data di dalam fungsi matematika. Kedua fungsi tersebut adalah Discrete Cosine Transformation (DCT) dan Wavelet Transformaton. Fungsi DCT dan Wavelet, yaitu untuk mentransformasikan data dari suatu tempat atau domain ke tempat atau domain yang lain.

3. Redundant Pattern Encoding

Redundant pattern encoding adalah steganografi dengan menggambar pesan kecil pada kebanyakan gambar. Keunggulan dari metode ini adalah isi pesan dapat bertahan dari cropping atau kegagalan. Sedangkan kekurangannya, yaitu tidak bisa menggambar pesan yang lebih besar.

4. Least Significant Bit Insertion (LSBI)

Salah satu metode steganografi yang dilakukan dengan cara memanipulasi LSB dari suatu gambar. Untuk gambar dengan 24 bit warna dapat dipergunakan 3 bit per piksel untuk dimanipulasi, sedangkan 8 bi arna hanya 1 bit per piksel saja yang bisa dimanipulasi. Saat stego jika dilakukan kompresi perlu menggunakan teknik kompresi Lossless agar data tidak hilang.

Rekomendasi Web Hosting
Hosting murah minimal order 1 bulan cuma 20rb. Gunakan voucher diskon 20%, kode voucher: MCPROJECT, total bayar hanya 16rb!!! Daftar sekarang