Source Code PHP SPK Hybrid Metode AHP dan SAW Berbasis Web

Artikel Terkait Metode Algoritma
SPK merupakan akronim dari Sistem Pendukung Keputusan adalah sebuah sistem yang mempunyai kemampuan dalam memecahkan masalah dengan memberikan output berupa informasi atau alternatif penyelesaian masalah kepada manajer. Sistem pendukung keputusan berbasis web ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL dengan menerapkan metode hybrid atau gabungan dari metode AHP dan SAW.

AHP kepanjangan dari analytical hierarchy process atau dalam bahasa Indonesia proses hirarki analitik adalah teknik yang terstruktur untuk mengatur, mengelola dan menganalisa keputusan yang kompleks, berdasarkan ilmu pengetahuan matematika dan psikologi. SAW adalah metode yang dipergunakan dalam mencari alternatif yang optimal dari sejumlah alternatif dengan kriteria tertentu. Metode AHP dan SAW juga banyak diterapkan pada bidang pendidikan untuk mendukung keputusan yang diambil. Apalagi bagi kampus berstatus cyber university pastinya penerapan metode atau algoritma banyak digunakan untuk membantu para staff dalam membuat keputusan yang terbaik.

Sistem pendukung keputusan ini dikembangkan oleh Moch Amir dan kawan-kawan. Sistem pendukung keputusan ini terbagi menjadi tiga level akses yaitu administrator, pakar dan petugas. Setiap level akses mempunyai hak akses yang berbeda-beda di dalam sistem. Fitur yang ada pada SPK ini meliputi manajemen pengguna, upload alternatif dari berkas excel dengan menggunakan library PHPExcel, mengelola data kriteria, perbandingan kriteria dan lain sebagainya.

Berikut tampilan antarmuka dari SPK hybrid metode SAW dan AHP berbasis web ini :

SPK Hybrid Metode AHP dan SAW Berbasis Web

SPK Hybrid Metode AHP dan SAW

PHP SPK Hybrid Metode AHP dan SAW

SPK Hybrid Metode AHP dan SAW


Instalasi
Setelah source code berhasil terunduh, kemudian ekstrak. Jika Anda menggunakan server lokal XAMPP simpan folder proyek-spk ke dalam folder htdocs. Berikutnya import database dengan mengimport file tugas_spk3.sql yang ada di folder db ke dalam database manager. Untuk menyesuaikan konfigurasi koneksi database terdapat pada file api.php yang berada di folder includes.

$NAMA_DATABASE = 'tugas_spk3';
$USERNAME_DATABASE = 'root';
$PASSWORD_DATABASE = '';
$conn = new PDO("mysql:host=localhost;dbname=$NAMA_DATABASE", $USERNAME_DATABASE, $PASSWORD_DATABASE);

Sesuaikan konfigurasi dengan setelan yang Anda gunakan Berikutnya silahkan buka web browser dan masukan url localhost/proyek-spk/. Anda dapat menggunakan akun di bawah ini agar dapat masuk ke dalam sistem.

Akun Administrator
Username : admin
Password : admin

Akun Petugas
Username : petugas
Password : petugas

Akun Pakar
Username : pakar
Password : pakar

Jika Anda tertarik dengan SPK hybrid metode SAW dan AHP berbasis web ini dan ingin mengembangkannya atau mempelajarinya kembali. Anda dapat mengunduhnya melalui tombol yang tersedia di bawah ini secara gratis.

Download SPK Hybrid Metode AHP dan SAW

Password .rar : blogbugabagi.blogspot.com
Unduh Via Mediafire


Bingung bagaimana cara mendownload? Silahkan baca postingan : cara mendownload jika terdapat link yang mati atau file yang corrupt silahkan tulis di kolom komentar atau laporkan pada form kontak klik disini.

Semoga bermanfaat buat temen- temen semua, temen -temen juga boleh untuk mengembangkan sehingga menjadi lebih baik lagi. Dan jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar, Share jika bermanfaat ke temen – temennya. Salam Berbagi.

Rekomendasi Web Hosting
Hosting murah minimal order 1 bulan cuma 20rb. Gunakan voucher diskon 30%, kode voucher: MCP, total bayar hanya 14rb!!! Daftar sekarang