Source Code SPK Perangkingan Kambing dengan Metode TOPSIS dan SAW

Artikel Terkait Metode Algoritma
Sistem pendukung keputusan perangkingan atau peringkat hewan kambing berbasis web ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. PHP merupakan saah satu bahasa pemrograman yang cukup populer pada platform web, PHP juga termasuk ke dalam bahasa server side scripting atau dengan kata lain proses pengeksekusian kode program dilakukan pada sisi server. Program SPK ini menerapkan metode TOPSIS dan SAW untuk melakukan perangkingan terhadap data daftar kambing yang ada.

Metode TOPSIS (technique for Order of Preference by Similarity to Ideal) adalah salah satu metode yang bisa diterapkan dalam pengambilan keputusan multikriteria. Sedangkan SAW (Simple Additive Weighting) merupakan konsep penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif yang ada di semua atribut, metode SAW memerlukan proses normalisasi matriks keputusan ke suatu skala yang diperbandingkan dengan semua rating alternatif yang ada.

Sistem pendukung keputusan (SPK) perangkingan kambing dengan metode TOPSIS dan SAW ini dikembangkan oleh Zunan Arif R. Dimana di dalam SPK ini terdiri dari dua level akses, yaitu administrator dan petugas. Fitur-fitur yang dimiliki seperti pengelolaan pengguna, pengelolaan kriteria, pengelolaan daftar kambing, dan proses perangkingan dengan TOPSIS atau SAW.

Berikut tampilan antarmuka dari SPK perangkingan kambing berbasis web ini.

Source Code PHP SPK Perangkingan Kambing dengan Metode TOPSIS dan SAW


Perangkingan SAW

Perangkingan TOPSIS


Instalasi
Setelah source code berhasil terunduh, kemudian ekstrak. Apabila menggunakan tools XAMPP simpan folder spk ke dalam folder htdocs, berikutnya buat database baru dengan nama spkambing. Selanjutnya import berkas spkambing.sql yang ada di folder db ke dalam database yang dibuat barusan. Untuk menyesuaikan konfigurasi koneksi database terdapat pada berkas konek-db yang terdapat di dalam folder includes.

define('DB_HOST', 'localhost');
define('DB_USER', 'root');
define('DB_PASS', '');
define('DB_NAME', 'spkambing');

Berikutnya buka web browser, dan masukkan url localhost/spk. Untuk dapat masuk ke dalam sistem Anda bisa menggunakan akun di bawah ini.

Akun Administrator
Username : admin
Password : admin

Akun Petugas
Username : petugas
Password : petugas

Apabila Anda tertarik dengan penerapan metode TOPSIS dan SAW dalam sistem pendukung keputusan perangkingan kambing berbasis web ini, dan ingin mempelajarinya maupun mengembangkannya kembali. Silahkan di unduh melalui tombol yang tersedia di bawah ini.

Download Source Code SPK Perangkingan Kambing

Password .rar : blogbugabagi.blogspot.com
Unduh Via Mediafire


Bingung bagaimana cara mendownload? Silahkan baca postingan : cara mendownload. Jika terdapat link yang mati atau file yang corrupt silahkan tulis di kolom komentar atau laporkan pada form kontak klik disini.

Semoga bermanfaat buat temen- temen semua, temen -temen juga boleh untuk mengembangkan sehingga menjadi lebih baik lagi. Dan jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar, Share jika bermanfaat ke temen – temennya. Salam Berbagi.
Rekomendasi Web Hosting
Hosting murah minimal order 1 bulan cuma 20rb. Gunakan voucher diskon 30%, kode voucher: MCP, total bayar hanya 14rb!!! Daftar sekarang