Tips Belajar Rumus Excel Jadi Lebih Mudah Dilakukan

Pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang dengan judul artikel .

Artikel Terkait Microsoft Excel Lainnya
Tips Belajar Rumus Excel - Seringkali kita melihat bahwa penggunaan Excel dikatakan penting dalam beberapa sistem administrasi. Karena itu, tidak sedikit kreativitas dalam membuat program hingga mengakses Excel ini dilakukan dengan beberapa pengalaman belajar rumus Excel. Untuk itu, bisa kita katakan bahwa untuk bisa mahir dalam Excel dibutuhkan proses. Sehingga tidak sembarangan belajar Excel ini meskipun kedengarannya mudah dilakukan.
Tips Belajar Rumus Excel
Pengunaan Excel sudah dirasa penting, sampai akhirnya ada beberapa tips tepat untuk bisa belajar dengan lancar hingga menjadi mahir dalam beberapa rumusnya. Hal sulit yang banyak dialami pengguna Excel adalah bagaimana mengelola rumus dari berbagai proyek perhitungan. Sehingga dari tahapan belajar Excel harus dilakukan secara bertahap dengan beberapa poin utama yang bisa dimaksimalkan setiap pengguna Excel.

Tips Belajar Rumus Excel Lebih Mudah Dilakukan

Pengembangan dan pelatihan untuk mahir dalam menjalankan semua rumus Excel telah banyak mendorong berbagai pihak dalam mencoba bagaimana cara tepat untuk menghasilkan pengalaman terbaik dalam bermain sekaligus mencoba bagaimana belajar rumus Excel dengan maksimal. Untuk itu, bagi Anda yang masih pemula dan ingin belajar rumus Excel cobalah tips berikut ini.

1. Berlatih Memahami Rumus Pembuatan Table

Pada format pembuatan table di Excel sudah menjadi satu kebutuhan penting karena mayoritas dari proyek pengolahan data menggunakan Excel ini berwujud pembuatan tabel secara detail beserta angka di dalamnya. Karena itu, membuat tabel harus tahu formatnya dahulu. Menu Tables menjadi salah satu dasar penting untuk membuat tabel dengan maksimal hingga menentukan jumlah kolom dari atas ke bawah ataupun samping kiri ke kanan.

Perhatikan juga dari urutan Daftar Buku yang mana masih dimulai dari urutan A ke Z ataupun sebaliknya Z ke A. Untuk itu ada beberapa prosedur pembuatan tabel yang sebenarnya mudah dilakukan dengan beberapa menu khusus embuatan tabel secara lengkap di Excel.

2. Melakukan Format Angka

Hal penting yang sering salah dilakukan oleh pengguna Excel adalah memformat angka. Bisa digambarkan bagaimana format angka justru bisa dimaksimalkan. Sehingga dari segi pemilihan format angka beserta rumusnya juga dikatakan penting untuk menghitung persentase dan penambahan ataupun pengurangan. Penulisan angka ataupun formatnya memang butuh ketelitian.
Baca juga : Apa itu VPS
Kemudian dari awalan menentukan angka bisa dilakukan dari angka terkecil sampai paling besar menjorok ke bawah. Beberapa opsi dari perhitungan rumus format angka adalah Currency, Number, dan General. Dari ketiga menu tersebut masih bisa memberi pengalaman terbaik pada proses belajar rumus Excel. Jadi tidak perlu khawatir karena sudah tersedia banyak informasi seputar pembuatan format angka lebih cepat.

3. Mengetahui Fungsi Rumus Choose

Bagi para profesional yang sudah mahir dalam semua operasional Excel pastinya mengenal apa itu fungsi rumus Choose. Karena itulah dalam menentukan dan menampilkan sebuah nilai pasti harus menggunakan rumus fungsi Choose ini. Bagi pemula tentu masih kurang memahami bagaimana mencari angka pasti. Sebab diperlukan penulisan rumus yang sekarang banyak diterapkan para profesional di bidang Excel.

Bahkan ada beberapa nomor index yang perlu dimasukkan dalam rumus Choose ini, sehingga bukan tidak mungkin dari penggunaannya mampu mencari angka pasti sehingga lebih cepat untuk mengolah data angka.

4. Mengetahui Fungsi Match

Dalam proses belajar rumus Excel ada salah satu rumus paling sering digunakan yakni Match. Dalam mencari sebuah nilai tertentu di dalam satu tabel pastinya butuh fungsi rumus lebih cepat dan mudah dalam setiap pengolahannya. Sehingga untuk bisa mencari sebuah nilai tertentu harus menampilan rumus Match di setiap tabel.

Apalagi dalam fungsi outputnya sendiri juga perlu mengetahui secara pasti bagaimana fasilitas terbaru yang kemungkinan masih bisa dikembangkan dalam semua jenis perhitungan angka di satu tabel. Ada sejumlah hal baru membuat pengembangan konsep perhitungan fungsi Match ini jauh lebih mudah dihadirkan dengan lebih sempurna. Sampai akhirnya Anda harus mempelajari bagaimana fungsi Match ini mampu beri manfaat lebih pasti.

5. Mencoba Fungsi Find

Sudah menjadi hal pokok dalam belajar rumus Excel yang mana penggunaan fungsi rumus Find ini bisa diterapkan untuk menemukan sebuah teks ataupun potongan kombinasi angka di setiap cell. Meskipun berisi teks cukup panjang, tentu saja proses dari pencarian angka dan kombinasi kalimat tertentu masih bisa dilakukan dengan modal fungsi rumus Find ini.

Bagi pemula tekradang belum terlalu yakin dengan kemampuannya dalam belajar Excel. Padahal ada banyak panduan bisa diterapkan dari awal sampai mengenali bagaimana fungsi find ini dicermati sebagai modal tepat mempermudah semua potensi baru dalam belajar Excel. Ketika Anda sudah mahir membuat kombinasi dalam fungsi Find, maka dari sisi posisi urutan karakter kemudian fungsi FIND sendiri masih bisa dikembangkan dengan beberapa tujuan.

6. Kenali Fungsi Index

Mungkin sekarang Anda masih belum mengerti soal fungsi index secara tepat dan maksimal. Sehingga dalam beberapa kesempatan ada sejumlah hal menarik membuat fungsi rumus Index ini banyak digunakan. Beberapa kalangan menilai penggunaan rumus Index jauh lebih mudah dibandingkan rumus lainnya. Sehingga proses belajar rumus Excel bisa berlangsung cepat dan mudah.

Fungsi Index sendiri bisa digunakan untuk mengambil hingga menghasilkan berbagai komposisi angka dan huruf di sebuah tabel. Karena itu fungsi Index dikatakan cukup penting dalam mengambil sebuah nilai yang diinginkan, sehingga dari lokasinya lebih mudah ditentukan dengan fungsi rumus Index tersebut.

7. Mengetahui Fungsi Date

Sudah terlihat jelas bahwa fungsi Date ini cukup membantu dalam berbagai hal. Sehingga Anda pun bisa terlibat dalam pengembangan fungsi Date yang sebenarnya digunakan untuk memperlihatkan nomor seri sekuensial yang terdapat pada sebuah tanggal tertentu. Karena itu, fungsi Date ini dinilai penting dan berguna ketika Anda menemukan bulan dan tanggal pada cell terpisah.

Walaupun terdengar mudah diterapkan, tetapi fungsi dari Date ini cukup menarik untuk dikembangkan dengan beberapa sarana tepat yang kemudian bisa langsung dikembangkan dengan mengetahui seperti apa fungsi date yang kerap kali dihadirkan dengan mencari tahu bagaimana belajar rumus Excel dimulai dengan memahami semua fungsi rumus Date.

8. Memahami Rumus Vlookup

Masih terdapat satu rumus lagi yakni Vlookup yang mana dipakai sebagai sarana untuk mencari nilai data di sebuah cell. Kombinasi beberapa rumus angka kemudian dihitung hingga menghasilkan data lebih valid masih bisa diolah dengan rumus Vlookup ini.

Karena itu, kemungkinan besar kolom index yang dihadirkan masih terus berubah ketika Anda memasukkan banyak sarana baru dalam pengembangan sistem pengolahan data Excel, maka dari sejumlah hal penting yang bisa dikembangkan juga terus dihadirkan dengan beberapa pengalaman baru lebih maksimal di proses belajar rumus Excel.

Butuh waktu cukup panjang ketika Anda terus mencoba bagaimana cara belajar rumus Excel hingga menjadi mahir di berbagai pengolahan data. Karena itulah kita bisa menilai secara langsung bagaimana pengalaman tepat yang nantinya disajikan untuk memaksimalkan pengalaman belajar Excel.

Penelusuran terkait Microsoft Excel

Berlangganan artikel
Daftarkan e-mail Anda dibawah ini
Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Kategori Terpopuler

0/Posting Komentar/Komentar