Apa itu CMS

Artikel Terkait Pemrograman

CMS

(Content Management System)


https://maopedia.com/wp-content/uploads/2016/02/cms-430x215.png
https://maopedia.com/wp-content/uploads/2016/02/cms-430x215.png

CMS merupakan singkatan dari Content Management System. CMS merupakan suatu perangkat lunak yang memungkinkan Anda membuat, mengedit, dan mempublikasikan konten. Pertama kali Software CMS digunakan untuk mengelola dokumen dan local cumputer file, sekarang sebagian besar sistem CMS dirancang khusus untuk mengelola Web Content.
Tujuan CMS adalah menyediakan suatu tampilan antar muka yang mudah di pahami untuk membangun dan memodifikasi halaman Web Content. Setiap CMS telah menyediakan web publishing tool yang memungkinkan satu sampai beberapa pengguna publish update langsung di Web. Editing Component disebut sebagai Content Management Application (CMA), dan publishing tool –nya disebut Content management Application. Kedua komponen tersebut digabungkan bersama dalam CMS untuk meperlancar proses Web Development.
 CMS sangat banyak yang gratis, contoh CMS yang gratis adalah Joomla, WordPress, dan Drupal. CMS tersebut berbasis php. Tapi kita tidak dituntut untuk menjadi ahli coding karena CMS adalah sebuah sistem yang mengutamakan pengolahan konten. Konten-konten yang terdapat dalam CMS bisa sangat berguna dalam pengembangan website standar sampai website luar biasa.
Keamanan website yang menggunakan CMS juga bisa dibilang bagus, karena tiap-tiap CMS memiliki fitur security yang berbeda dan memiliki keunggulan masing-masing yang berbeda juga. CMS cukup mudah di install di dalam hostingan. Hostingan sudah menyediakan sistem yang bisa digunakan oleh CMS. Jadi para penguna CMS tidak perlu lagi repot untuk menyeting installer CMS nya karena hostingan sudah mempermudahnya. Selain CMS bisa digunakan untuk membuat website, CMS juga bisa digunakan untuk pengembangan atau development. Pengembangan terhadap CMS tergantung dari perusahaan-perusahaan yang membuatnya. Ada yang gratis untuk mengembangkannya seperti CMS Drupal dan ada pula yang  bayar atau pun harus menjadi anggota atau karyawan dari perusahaannya.
Dengan adanya CMS, kita tidak dituntut untuk menjadi ahli coding, karena CMS hanyalah sebuah sistem yang digunakan untuk mengolah konten-konten website. Jadi yang diperlukan adalah ilmu desain, karena dengan desain yang menarik maka akan membuat sebuah website itu menjadi sering dikunjungi oleh orang-orang. Dengan desain yang menarik maka akan menjadi sebuah nilai yang lebih untuk sebuah website. Tidak hanya canggih sistem nya tetapi juga harus menarik desainnya. Banyak website yang  menggunakan sistem dan aplikasi yang canggih tapi desainnya kurang menarik maka akan mengurangi nilai kunjungan orang-orang. Namum bila desain nya menarik tapi sistemnya biasa-biasa saja maka akan bisa sering dikunjungi oleh orang-orang. Karena orang lebih menyukai keindahan dari pada sistem yang komplek. CMS memang banyak kegunaannya dan banyak manfaat yang bisa kita dapat. CMS sangat cocok digunakan di dalam website pemerintahan karena selain sistem keamanannya yang baik, konten atau modul yang disediakan oleh CMS itu bisa mempercanggih secara manual karena CMS juga menyediakan modul custom yang dapat kita isi sesuai code atau script yang kita inginkan. Maka tidak rugi juga bila kita ahli coding menggunakan CMS karena bisa kita buat menjadi lebih canggih dengan modul custom.
Referensi :
http://blog.wonderlabs.io/mengenal-cms-content-management-system-lebih-dekat
http://www.unpas.ac.id/mengenal-cms/

Rekomendasi Web Hosting
Hosting murah minimal order 1 bulan cuma 20rb. Gunakan voucher diskon 30%, kode voucher: MCP, total bayar hanya 14rb!!! Daftar sekarang