DOS - Sistem Operasi apa itu?

Artikel Terkait Ilmu Komputer
DOS cliHai temen - temen semua, kalian pernah denger DOS sekali lagi pembahasan ini bukan DoS ataupun DDoS itu beda cerita lagi, ketika kalian membeli sebuah laptop didalamnya tertulis Sistem Operasi DOS kenapa bukan Windows 10, Windows 8, atau Linux. Mungkin beberapa orang akan mengira bahwa sistem operasi DOS yang ada pada laptop adalah laptop tersebut belum memiliki sistem operasi jadi perlu diinstal Windows terlebih dahulu untuk bisa dipakai.
Ternyata persepsi sebagian orang tersebut salah DOS juga termasuk ke dalam Sistem operasi, karena jika tidak ada DOS laptop tersebut kenapa bisa nyala padahal katanya belum terpasang sistem operasi.

dos logoSistem Operasi adalah sebuah perangkat lunak atau software yang  bertugas untuk melakukan kontrol serta mengelola perangkat keras komputer dan operasi dasar sistem termasuk menjalankan software pembantu seperti aplikasi untuk membantu memudahkan penggunanya menyelesaikan sesuatu atau membuat sesuatu. Dari pengertian sistem operasi diatas jadi DOS termasuk kedalam keluarga Sistem Operasi karena dengan adanya DOS laptop tersebut dapat mengelola perangkat kerasnya sehingga keyboard-nya dapat berjalan dan perangkat keras lainya.
DOS sendiri merupakan sistem operasi yang berorientasi text atau command line interface jadi penggunanya berinteraksi dengan mengetikan baris perintah, berbeda dengan sistem operasi windows dan yang lainya yang telah graphical user interface sehingga penggunaanya lebih mudah karena berinteraksi dengan grafis tidak menggunakan baris perintah lagi. Sistem operasi DOS jugamerupakan pendahulu dari windows, DOS dengan PC-DOS yang dibuat oleh IMB Corp, adalah sistem operasi untuk PC berbasis 16-bit.

Walaupun sekarang jarang yang memakai sistem operasi DOS secara keseluruhan akan tetapi DOS tidak otomatis hilang karena DOS masih digunakan misalnya di sistem operasi Windows masih ada DOS versi MS DOS yang digunakan dibelakang layar bukan di depan layar contohnya ketika kita mengakses command prompt, atau mengatasi troubleshooting di windows masih menggunakan DOS. Bahkan Mac dan Linux pun masih terselip DOS dengan versinya masing-masing didalamnya karena DOS dapat mengatur alokasi memori, mengelola tugas pada sistem, mengatur proses input output, mengelola file dan direktori dan masih banyak lagi.
Semoga bermanfaat dan Salam Berbagi.

Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/DOS
https://id.wikipedia.org/wiki/MS-DOS
Rekomendasi Web Hosting
Hosting murah minimal order 1 bulan cuma 20rb. Gunakan voucher diskon 30%, kode voucher: MCP, total bayar hanya 14rb!!! Daftar sekarang