Tips Membuat Password yang Kuat dan Aman

Pada kesempatan kali ini Mycoding.net akan mengulas tentang , dengan judul artikel Tips Membuat Password yang Kuat dan Aman.

Artikel Terkait Sistem Keamanan

Membuat Password yang Baik Kuat dan Aman

Hai temen - temen semua, password merupakan hal penting dan rahasia yang dimiliki seseorang tapi terkadang sebagian dari kita menyepelekan isi passwordnya dan bahkan isi passwordnya tersebut mudah untuk ditebak contohnya masih ada aja user yang mengisi passwordnya dengan hal yang berkaitan dengan dirinya sendiri misalnya hobi, idola, tempat tinggal, tanggal lahir dan sebagainya  memang hal tersebut menjadikan password-nya mudah untuk diingat, tapi jangan melupakan juga kenyamanan berbanding terbalik dengan keamanan-nya.
passwordUntuk meningkatkan keamanan password ada beberapa hal yang mesti diperhatikan seperti gunakan kombinasi angka, symbol, huruf kecil dan huruf besar memang sulit untuk diingat dibanding dengan password yang simple tapi jika ada seseorang yang mencoba untuk masuk misalnya dengan teknik brute force baca : 'serangan brutal dengan brute force' akan sangat memakan waktu bahkan sampai ribuan tahun untuk dapat masuk apalagi ditambah dengan wordlist yang tidak tepat akan menyebabkan password tidak ditemukan.
Oleh karena itu sebaiknya isi dari password memperhatikan beberapa aspek agar password tersebut lebih kuat keamanan-nya.

Buatlah password yang panjang

Semakin panjang password maka password tersebut semakin kuat dan jangan gunakan password pasaran misalkan 123456 dan sebagainya yang mudah ditebak. saran saya panjang password minimal 16 karakter alangkah lebih baik-nya lebih dari itu, memang akan menyulitkan saat kita akan masuk seperti yang saya singgung sebelumnya diatas kenyaman berbanding terbalik dengan keamanan.

Buatlah password yang sulit ditebak

Gunakan isi password yang tidak berkaitan dengan hidup Anda agar orang lain sulit menebak-nya atau cobalah untuk mengisi password dengan campuran  kata yang jarang orang ketahui ataupun momen di hidup Anda yang jarang orang tahu. 

Buatlah password dengan kombinasi angka symbol

 Agar lebih kuat lagi kombinasikan isi password dengan symbol seperti ("./?@#$ dst angka seperti 1234567890 dan juga huruf besar. Usahakan jangan gunakan symbol atau angka sebagai pengganti huruf misalkan seperti huruf "i" diganti dengan "!" supaya password lebih kuat lagi.

Dan yang terakhir adalah gunakan juga autentifikasi dua langkah  password melalui sms, email, telepon atau pun yang lainya seperti Google dan yang lainya telah menyediakan fitur kemanan baru yaitu setelah password diisi akan ada pemberitahuan terlebih dahulu untuk mengkonfirmasi bahwa yang memasukan pssword tersebut memang pemiliknya. Serta jaga password tersebut agar tidak diketahui orang lain selain dirimu sendiri dan tuhan yang maha esa. Jangan lupa tetap berhati - hati dan waspada terhadap aksi pencurian informasi seperti phising baca: 'waspada terhadap phising', keylogger baca : 'apa itu keylogger' dan sebagainya. Karena terkadang walaupun password tersebut kuat kadang kala manusia-nya sendiri yang teledor dan tidak berhati - hati sehingga dapat dicuri orang lain.
Dan satu lagi usahakan setiap akun passwordnya berbeda-beda agar jika password bocor maka dia tidak bisa mengakses ke akun-akun yang lainya.

Bingung mau password-nya gimana, gunakan aja password generator agar mereka yang membuatkan password-nya agar kuat.

Semoga bermanfaat, dan tetap berhati -hati. Salam Berbagi
Rekomendasi Web Hosting
Hosting murah minimal order 1 bulan cuma 20rb. Gunakan voucher diskon 20%, kode voucher: MCPROJECT, total bayar hanya 16rb!!! Daftar sekarang