Mengenal Framework PHP Codeigniter (CI)

Artikel Terkait Pemrograman
Codeigniter dikenal juga dengan sebutan CI merupakan sebuah salah satu framework atau kerangka kerja bahasa pemrograman PHP yang saat ini populer dan banyak dipergunakan oleh programmer dalam membangun sebuah website dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Sebelum membahas mengenai Codeigniter terlebih dahulu kita kenali apa itu framework dalam pemrograman, framework merupakan sekumpulan intruksi atau perintah yang disatukan kedalam sebuah class dan terdapat function yang masing-masing fungsi tersebut dapat mempermudah programmer dalam pemanggilan sehingga syntax yang sama tidak diperlukan untuk ditulis berulang-ulang.

Codeigniter adalah sebuah framework bahasa PHP yang open source dan bebas dipergunakan yang menggunakan pola MVC (Model, View, Controller). Codeigniter sendiri dirilis pertama kali pada tangggal 28 April 2006 oleh Rick Ellis hingga saat ini versi Codeigniter telah sampai pada versi 3.1.11.
MVC merupakan sebuah pola atau sebuah konsep yang memisahkan komponen-komponen utama menjadi tiga bagian komponen yakni : 
  1. Model : merupakan komponen yang menangani pengolahan data atau manipulasi database. segala perintah yang berhubungan dengan pengolahan database disimpan di model.
  2. View : merupakan komponen yang menangani tampilan halaman front end atau user interface. segala tampilan halaman disimpan di view.
  3. Controller : merupakan komponen yang menangani sebuah perintah atau aksi antara view dan model. segala bentuk pengolahan intruksi disimpan di controller untuk menghubungkan model dan view.

Kelebihan dan Manfaat menggunakan framework Codeigniter

  • Mudah dipelajari oleh pemula dan dokumentasinya pun cukup lengkap dan banyak komunitas di Indonesia yang dapat membantu.
  •  Syntax program yang terstruktur sehingga mudah untuk dikembangkan kembali dan rapih.
  • Mengamankan program karena user tidak langsung berhubungan dengan database.

 

Cara membuat project dengan framework Codeigniter (CI)

Untuk menggunakan Codeigniter pertama unduh terlebih dahulu Codeigniter di situs resminya di codeigniter.com setelah terunduh kemudian ekstrak isi file codeigniter tersebut dan simpan di project localhost, Jika menggunakan xampp ekstrak di htdocs contoh c:\xampp\htdocs setelah itu ubah nama folder hasil ekstrakan tadi sesuai dengan nama web yang akan dibangun atau sesuai keiinginan. Sekarang tinggal jalankan di browser contoh http://localhost/namawebsite jika berhasil maka akan muncul sebuah halaman Welcome Codeigniter. untuk membaca pedoman penggunaanya bisa juga dengan menulis http://localhost/namawebsite/user_guide/ atau bisa juga mengunjungi situs resminya.



Referensi :
https://www.petanikode.com/codeigniter-pemula/
https://www.malasngoding.com/pengertian-dan-cara-menggunakan-codeigniter/
https://codeigniter.com/


Rekomendasi Web Hosting
Hosting murah minimal order 1 bulan cuma 20rb. Gunakan voucher diskon 30%, kode voucher: MCP, total bayar hanya 14rb!!! Daftar sekarang