Cara Install Python di Windows dan Menjalankanya

Pada kesempatan kali ini Mycoding.net akan mengulas tentang , dengan judul artikel Cara Install Python di Windows dan Menjalankanya.

Artikel Terkait Python
python.orgBahasa pemrograman python adalah salah satu bahasa pemrograman yang sampai saat artikel ini ditulis sangat populer dikalangan para programmer bersama dengan bahasa javascript. Python sendiri bisa populer dengan cepat dikarenakan sintaks python relatif simpel dan banyak dipergunakan dibidang data science, robotika, machine learning, artificial intelligent, IoT, Tools Hacking dan lain sebagainya.
Umumnya untuk yang menggunakan sistem operasi berbasis linux seperti kali, debian, ubuntu, mint Python sudah terinstall secara default bahkan python juga bisa diinstall di smartphone. untuk Windows diharuskan mengunduh terlebih dahulu installer python kunjungi situs resmi python atau bisa klik disini : Download Python

www.python.org

Pada halaman situs resmi python lalu pilih download sesuaikan dengan sistem operasi yang sobat digunakan sampai postingan ini ditulis versi python terbaru yakni 3.7.4 yang dirilis 8 Juli 2019 jika ingin mengunduh versi yang lama scroll kebawah maka akan ada beberapa versi python lalu download yang anda inginkan.


Setelah installer python terunduh lalu open atau run as administrator dan selanjutnya tinggal next-next seperti biasa sampai finish. Untuk mengetes apakah python berhasil terinstall dengan baik silahkan buka command prompt atau dengan menekan start+r lalu ketik cmd setelah berada di jendela cmd ketikan perintah python lalu enter jika berhasil maka akan tampil seperti gambar berikut ini

cmd tes python

dan bahkan bisa langsung dipergunakan di cmd contoh jika kita membuat operasi arimatika ketikan 9+2 maka akan keluar hasil 11

tes run python

Di python sendiri sudah tersedia IDLE bawaan untuk menulis program dengan python atau bisa juga menggunakan code editor lain seperti visual studio code, pycharm, dan sebagainya.
untuk menggunakandi IDLE bawaan kita cukup buka IDLE (python 3.7) lalu kllik file lalu kllik new file selajutnya tulis kode programnya untuk menjalankanya klik run lalu lalu klik run module atau bisa tekan F5.

IDLE python

Untuk menjalanan file python di visual studio code buka file .py atau bisa menulis kode programnya terlebih dahulu lalu buka terminal di visual studio code dengan tekan Ctrl+Shift+` atau klik terminal lalu new terminal setelah terbuka terminal ketikan python namafile.py lalu enter jangan lupa ekstensi file ditulis .py maka file python akan dieksekusi perhatikan juga lokasi direktorinya.

VSC python

Demikian semoga bermanfaat bagi sobat semua semangat belajarnya.Terima kasih


Referensi :
https://www.python.org
https://www.learnpython.org/

Rekomendasi Web Hosting
Hosting murah minimal order 1 bulan cuma 20rb. Gunakan voucher diskon 20%, kode voucher: MCPROJECT, total bayar hanya 16rb!!! Daftar sekarang