Komponen Dasar Sistem Komputer

Artikel Terkait Ilmu Komputer
Sistem Komputer dan Komponen dasar Sistem Komputer

struktur komputer
Komponen dasar dari sebuah sistem komputer ialah prosessor, memori utama, perangkat I/O (Input Output) dan interkoneksi.

Sebuah perangkat komputer akan terdiri dari beberapa komponen dasar seperti prosessor, memori, I/O (Input dan Output), interkoneksi dan beberapa modul yang melengkapi komponen tersebut. Masing-masing komponen tersebut akan saling berkoneksi sehingga fungsi utama dari sebuah perangkat komputer dapat berjalan dengan semestinya untuk dipergunakan dalam mengeksekusi program. 

Komponen Dasar Sistem Komputer

Untuk dapat berjalan komputer minimal terdapat komponen dasar sistem komputer sebagai berikut :
  • Prosessor, berfungsi sebagai mengendalikan operasi komputer dan melakukan pemrosesan data.
  • Memori utama, berfungi sebagai tempat penyimpanan data dan program. Memori utama berifat volatile yang artinya tidak dapat mempertahankan data dan program bisa disebut juga media penyimpanan sementara.
  • Perangkat Input Output, berfungi sebagai penghubung dalam memindahkan data antara komputer dengan lingkungan ekternal seperti monitor dan sebagainya.
  • Interkoneksi antar komponen, berfungi sebagai penghubung ketiga komponen di atas sehingga dapat melakukan komunikasi antara prosessor, memori utama dan modul input output.
struktur komputer

Prosessor

Sebuah prosessor umumnya melakukan pertukaran data dengan memori. Bagian utama dari prosessor ialah :
  • ALU (Arithmetic Logic Unit), untuk melakukan operasi aritmatika dan logika
  • CU (Control Unit), bertugas sebagai pengendali.
  • Register, bertugas membantu pelaksanaan operasi yang dilakukan pemroses.
Pemroses bertugas dalam melakukan kegiatan seperti menghitung, operasi logika dan mengelola aliran data dengan cara membaca perintah atau intruki yang di encode secara biner dari memori dan mengeksekusinya.

Dalam sistem komputer terdapat dua kategori register yakni :
  1. register yang terlihat pemakai (User-visible register)
  2. register untuk kendali status(control and status register)

Memori Utama

Memori utama bertugas untuk menyimpan data dan program secara sementara. Terdapat konsep memori dua level data atau intruksi pada hirarki paling tinggi.
  • Chace memory, kapasitasnya terbatas, kecepatan tinggi, letaknya diantara memori utama dan register pemroses. Berfungsi agar pemroses tidak langsung mengacu pada memori utama tetapi cukup di chace memory.
  • Buffering, bagian dari memori utama untuk menampung data atau intruksi yang akan dikirimkan dari Perangkat I/O dan penyimpanan sekunder atau ke Perangkat I/O dan penyimpanan sekunder.

Perangkat Input Output

Dalam perangkat I/O secara umum terdiri dari dua jenis yakni :
  1. Komponen mekasnis atau perangkat
  2. Komponen elektronis atau pengendali perangkat berupa chip controller
Perangkat yang dikendalikan oleh chip controller dihubungkan dengan pemrosesan atau komponen lain melalui bus. Setiap controller memiliki register kendali, register status (kode kealahan) serta dapat dialamati oleh pemroses. 


Interkoneksi antar Komponen

Interkoneksi antar komponen bisa disebut juga bus, yang terdiri dari :
  • Bus alamat, merupakan jalur yang dipergunakan oleh CPU dalam mengirimkan alamat lokasi ke memori atau port. Bus alamat dapat berisi 16, 20, 24 jalur sinyal paralel atau lebih.
  • Bus data, merupakan jalur dua arah antara CPU dengan memori atau port. Bus data dapat berisi 48, 16, 32 jalur sinyal paralel atau lebih.
  • Bus kendali, merupakan jalur satu arah dari CPU ke memori atau port. Bus kendali dapat berisi 4 – 1-10 jalur sinyal paralel
Bus kendali terdiri dari atas :
  • memory read, berfungsi melakukan perintah pembacaan memori.
  • memory write, berfungsi melakukan perintah penulisan memori.
  • I/O read, berfungi melakukan perintah pembacaan port I/O.
  • I/O write, berfungi melakukan penulisan port I/O.
Sistem interkoneksi antar komponen yang populer diantaranya PCI, ISA dan VESA.




Referensi :
Modul Perkuliahan. Sistem operasi. 2016. Mercubuana
Rekomendasi Web Hosting
Hosting murah minimal order 1 bulan cuma 20rb. Gunakan voucher diskon 30%, kode voucher: MCP, total bayar hanya 14rb!!! Daftar sekarang