Program Sistem Penjadwalan Mata Kuliah Agoritma Genetika v2 (PHP)

Pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang dengan judul artikel .

Artikel Terkait Metode Algoritma
Video ini berisi source code dan ulasan tentang program aplikasi penerapan sistem penjadwalan menggunakan metode algoritma genetika berbasis Web dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Studi kasus aplikasi ini adalah sistem penjadwalan perkuliahan dalam perguruan tinggi pada satu program studi.

Sistem Penjadwalan Mata Kuliah Agoritma Genetika

Berikut beberapa halaman dan fitur yang disediakan pada aplikasi sistem:
1. Data master:
- Dosen
- Mata kuliah
- Dosen pengampu
- Ruang
- Jam
- Hari
- List waktu dosen tidak bersedia

2. Proses data
- Ini adalah halaman untuk menjadwalkan perkuliahan/mata kuliah sesuai dengan data master yang telah di inputkan pada halaman Data Master.
- Sistem penjadwalan ini adalah penerapan dari metode algoritma genetika.

3. Laporan, ini adalah seluruh laporan dan informasi yang dihasilkan oleh sistem, dari laporan data master hingga laporan data penjadwalan. Laporan ini dapat di cetak atau di export dalam bentuk format excel.

STUDI KASUS:
Penjadwalan perkuliahan adalah pengalokasian kegiatan perkuliahan yang terdiri dari mata kuliah, dosen pengampu, kelompok mahasiswa, dan ruangan ke dalam tabel waktu yang terdiri dari hari perkuliahan dalam satu minggu dan rentang waktu perkuliahan selama satu hari. Penjadwalan umum dilakukan khususnya pada jenjang universitas. Kelas perkuliahan diambil secara dinamis oleh mahasiswa karena tidak ditentukan dari awal oleh pihak universitas. Keterbatasan ruang dan waktu dosen membuat penyusunan jadwal akan membutuhkan waktu yang relatif lama dan memerlukan ketelitian yang lebih. Tersedianya aplikasi ini untuk mempermudah pelaku yang terlibat dalam proses penjadwalan perkuliahan, karena kelas perkuliahan akan secara otomatis tergenerate oleh sistem sehingga proses penjadwalan akan menjadi lebih efektif dan efisien.

METODE & ALGORITMA:
Algoritma genetika adalah algoritma pencarian yang berbasis pada mekanisme seleksi alam & genetika. Algoritma genetika tepat digunakan dalam menyelesaikan masalah optimasi kompleks, yang sulit dilakukan oleh metode konvensional. Algoritma ini diperkenalkan oleh John Holland (1975) dari Universitas Michigan. Sifat algoritma genetika mencari kemungkinan dari calon solusi untuk mendapatkan solusi optimal dalam penyelesaian masalah. Ruang cakupan dari semua solusi yang layak, yaitu berbagai obyek diantara solusi yang sesuai, yang dinamakan ruang pencarian. Tiap titik didalam ruang pencarian mempresentasikan satu solusi yang layak. Tiap solusi yang layak ditandai dengan nilai fitnessnya. Solusi yang dicari adalah titik (satu/lebih) diantara solusi yang layak dalam ruang pencarian. Aplikasi ini merupakan Implementasi Algoritma Genetika dalam Penjadwalan Perkuliahan pada Program Studi Sistem Informasi.
Perbedaan dengan Sistem Penjadwalan Perkuliahan Algoritma Genetika v1:
1. Tampilan program
2. Versi 2 ini menggunakan 1 metode (algoritma genetika)
3. Penjadwalan hanya dilakukan untuk 1 program studi dalam 1 perguruan tinggi/universitas.

Catatan:
1. Terkahir dikembangkan tanggal 6 oktober 2020.
2. Aplikasi ini bisa dikembangkan kembali sesuai kebutuhan.
3. Hubungi email 401xdssh@gmail.com untuk mendapat source code & sampaikan tujuan.
4. Dilarang menjual source code yang telah didapatkan dari "My Coding".

Penelusuran terkait Metode Algoritma

Kategori Terpopuler
Berlangganan artikel
Daftarkan e-mail Anda dibawah ini
Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.