Definisi Cloud Computing

Pada kesempatan kali ini Mycoding.net akan mengulas tentang , dengan judul artikel Definisi Cloud Computing.

Artikel Terkait Teknologi

Definisi Cloud Computing

Cloud Computing adalah gabungan dari pemanfaatan teknologi komputer dengan pengembangan berbasis internet. Internet Cloud merupakan model komputasi yang dimana kapabilitas terkait teknologi informasi disediakan dalam suatu layanan, sehingga pengguna dapat mengaksesnya melalui internet.
Cloud Computing adalah istilah dalam kegiatan menyelesaikan suatu proses melalui internet dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki oleh suatu kumpulan komputer yang saling terhubung.
Cloud Computing merupakan teknologi yang mempergunakan jaringan internet dan server pusat untuk mengelola data dan aplikasi.
Cloud Computing merupakan suatu model yang memungkinkan untuk menyatukan sumber daya komputasi seperti storage, aplikasi, services, nework dan server dalam satu tempat dengan menggunakan internet.

Cloud Computing


Dari beberapa definisi Cloud Computing di atas dapat disimpulkan bahwa Cloud Computing merupakan sebuah layanan teknologi informasi yang dimanfaatkan melalui jaringan internet, tapi tidak semua layanan yang tersedia pada internet dapat digolongkan sebagai layanan Cloud Computing. Untuk dapat dikatakan sebagai layanan Cloud Computing terdapat beberapa persyaratan yang musti terpenuhi.
  • Layanan bersifat on demand, pengguna dapat berlangganan hanya yang dia butuhkan saja dan membayar hanya yang digunakan saja serta dapat langsung tersedia saat dibutuhkan.
  • Broad network access, layanan Cloud Computing harus dapat diakses dimanapun, kapanpun dan dengan perangkat apapun asalkan terhubung dengan jaringan internet.
  • Layanan bersifat scalable, pengguna dapat menambah maupun mengurangi jenis dan kapasitas layanan yang diinginkan kapanpun.
  • Layanan sepenuhnya dikelola oleh penyedia layanan, pengguna hanya membutuhkan komputer dan koneksi internet.
  • Layanan yang terukur, sumber daya Cloud dapat diatur dan dioptimasi penggunaanya, sengan suatu sistem pengukuran yang dapat mengukur penggunaan dari setiap sumber daya komputasi yang digunakan.

Tipe Implimentasi Cloud Computing

SaaS (Software as a Service), berbentuk aplikasi contohnya adalah Salesforce dan NetSuite.
PaaS (Platform as a Service), penerapan dari basis data, file system, web server dan middleware contohnya Heroku, Engine Yard dan Azure.
IaaS (Infrastructure as a Service), berbentuk virtualisasi dari infrastruktur seperti Amazon dan Rackspace.
Rekomendasi Web Hosting
Hosting murah minimal order 1 bulan cuma 20rb. Gunakan voucher diskon 20%, kode voucher: MCPROJECT, total bayar hanya 16rb!!! Daftar sekarang