List Pada Bahasa Pemrograman Python

Artikel Terkait Python
Pada bahasa pemrograman Python, struktur data yang paling dasar adalah urutan atau list. Setiap elemen-elemen berurutan akan diberikan nomor posisi atau indeksnya. Dalam list indeks pertama adalah nol (0), indeks kedua adalah satu (1) dan seterusnya.
Ada bebepa hal yang dapat dilakukan terhadap list, operasi ini meliputi pengindeksan, penambahan, pengiris, perbanyak dan pengecekan keanggotaan.

List pada Python

Membuat List Pada Pyhon

Dalam bahasa pemrograman Python list dapa dituliskan sebagai daftar nilai yang dipisahkan tanda koma (item) antara tanda kurung siku. Membuat list cukup sederhana, inggal masukan berbagai nilai atau data yang dipiahkan dengan tanda koma diantara tanda kurung siku. Berikut di bawah ini contoh pembuatan list pada Pyhon.
#Pembuatan List
list1 = ["SMAN 1 NAGRAK","SMAN 1 SUKABUMI", 2015, 2016]
nama = ["robby", "wahyu", "tubagus", "ryan", "resa"]
jurusan = ["IPA", "IPS"]

 

Akses Nilai Dalam List

Untuk mengaskes nilai atau value dalam list Python, gunakan tanda kurung siku untuk mengiris beserta indeks atau indeks untuk mendapatkan nilai yang tersedia pada indeks tersebut. Berikut di bawah ini adalah contoh pengaksesan nilai di dalam list.

#Akses nilai / value pada list
print ("list indeks 0 :", list1[0])
print ("list 1:3", nama[1:3])
print ("Daftar Jurusan ", jurusan)

 

Perbarui Nilai Dalam List

Anda bisa mengupdate satu atau beberapa nilai di dalam sebuah list dengan memberikan potongan di sisi kiri operator penugasan, dan anda bisa menambahkan nilai ke dalam list dengan fungsi append().  Berikut di bawah ini adalah contoh perubahan nilai di dalam list.

#Perbarui nilai / value pada list
print("value di list nama index 1", nama[1])
nama[1] = "sulaeman" #fungsi merubah list
print("value baru di list nama index 1", nama[1])
nama.append("yuni")
print(nama)

 

Hapus Nilai Dalam List

Untuk dapat menghapus nilai di dalam sebuah list, dapat dengan menggunakan salah satu pernyataan del jika diketahui persis elemen yang akan dihapus atau dapat menggunakan metode remove() jika tidak diketahui persis item amana yang akan dihapus. Berikut di bawah ini adalah contoh penghapusan nilai di dalam list.

#hapus nilai / value pada list
print ("Sebelum dihapus :", list1)
del list1[1] #fungsi hapus list
print ("Setelah dihapus :",list1)

Operasi Dasar Dalam List

List merespons operator (+) dan (*) artinya penggabungan dan pengulangan disini juga berlaku, kecuali hailnya list baru, bukan ebuah string. Dibawah ini adalah tabel daftar operasi dasar pada list Python.

Operasi dasar list pada Python
Operasi dasar list pada Python


Method dan Fungsi Built-in pada List Python
Method list pada Python
Method list pada Python

Funnction list pada Python
Funnction list pada Python

Rekomendasi Web Hosting
Hosting murah minimal order 1 bulan cuma 20rb. Gunakan voucher diskon 30%, kode voucher: MCP, total bayar hanya 14rb!!! Daftar sekarang