Sekilas Tentang Database dan MySQL

Artikel Terkait Tutorial Database
Basis data atau database merupakan suatu kumpulan informasi yang disimpan pada sebuah komputer secara sistematik agar dapat diperiksa atau dikelola melalui suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari database tersebut. Database dipergunakan dalam menyimpan informasi atau data yang terintegrasi dengan baik pada sebuah komputer.

Dalam mengelola database dibutuhkan suatu piranti lunak yang disebut dengan DBMS (Database Management System). DBMS adalah suatu sistem piranti lunak yang memungkinkan pengguna untuk membuat atau menambah, memelihara, mengakses dan mengontrol database secara mudah dan efisien. Dengan bantuan DBMS maka pengguna akan lebih mudah mengelola dan memanipulasi dta yang ada pada database.

Sedangkan RDBMS (Relationship Database Management Sysem) adalah salah satu jenis dari DBMS yang mendukung relationship artinya hubungan antar tabel pada database. Terdapat beberapa jenis DBMS lain seperti Hierarchy DBMS, Objek Oriented DBMS dan lain sebagainya.

Berikut di bawah ini merupakan beberapa piranti lunak atau software DBMS yang populer dan sering digunakan dalam sebuah aplikasi program :
MySQL
SQL Server
PostgreSQL
Oracle
Firebird
Interbase
Sybase
DB2
Teradata


Istilah-istilah pada Database

Table, merupakan kumpulann data atau nilai yang diorganisasikan ke dalam row atau baris dan field atau kolom. Setiap kolom mempunyai nama yang unik dan spesifik agar berbeda dengan nama kolom yang lain.

Field, adalah kolom pada sebuah table, field atau kolom mempunyai tipe data tertentu yang menentukan bagaimana data yang nantinya akan disimpan disana.

Key, merupakan suatu field atau kolom yang bisa dijadikan kunci dalam operai tabel. Key mempunyai beberapa jenis seperti Primary key, foreign key, composite key dan lain sebagainya.

SQL, kependekan dari Sructured Query Language adalah suatu bahasa yang dipergunakan dalam mengakses database.


MySQL

https://toplintas.com/wp-content/uploads/2019/03/MySQKL.jpg

MySQL merupakan salah satu software atau piranti lunak sistem manajemen basis data atau DBMS yang mendukung multithread dan juga multiuser. MySQL dapat didapatkan secara gratis di bawah lisensi GNU GPL (General Public License).
MySQL pertama kali dibangun dan dikembangkan di Swedia pada tahun 1980-an oleh David Axmark, Allan Larsson dan Michael Widenius. MySQL dimiliki dan disponsori oleh perusahaan komersil MySQL AB, MySQL AB yang memegang penuh hak cipta dari sumber kode MySQL.


Fasilitas yang tersedia pada MySQL adalah sebagai berikut :

Client server, MySQL mempunyai arsitektur client server yang dimana server database MySQL terpasang pada server dan bisa juga pada komputer lain yang berkomunikai dengan server melalui jaringan.
Relational Database System, MySQL juga termasuk kepada RDBMS seperti piranti lunak sistem manajemen basis data lain.
Mendukung Intruksi SQL, SQL (Structured Query Language) adalah bahasa standar yang berjalan pada hampir semua piranti lunak database.
Trigger, MySQL mendukung trigger sejak versi 5.0 dan dikembangkan hingga sekarang untuk meningkatkan kemampuan trigger.
Sub select, pada versi 4.1 ke atas MySQL telah menyediakan fasilitas select dalam select (sub select)
Dan fasilitas-fasilitas lainya.

Rekomendasi Web Hosting
Hosting murah minimal order 1 bulan cuma 20rb. Gunakan voucher diskon 30%, kode voucher: MCP, total bayar hanya 14rb!!! Daftar sekarang