Tuple dan Dictionary pada Bahasa Pemrograman Python

Artikel Terkait Python
Tuple dan Dictionary pada Python

Tuple

Sebuah tuple merupakan urutan objek Python yang tidak berubah. Perbedaan uama antara tuple dengan list adalah bahwa tuple tidak dapat diubah tidak seperti list, tuple menggunakan tanda kurung () sedangkan list menggunakan anda kurung siku [].
Untuk membuat tuple masukan niai yang dipisahkan dengan tanda koma (,).  Secara opsional  dapat juga memasukan nilai yang dipisahkan koma (,) diantara tanda kurung () juga. Perhatikan kode program pembuatan tuple di bawah.

#Membuat Tuple
tuple1 = ('Nagrak', 2019, 2018)
tuple2 = "RT", "RW", 2, 3
desa = ('Balekambang','Girijaya','Cihanjawar')
pos = (43356, 43350, 43376)

Untuk menulis tuple yang berisi satu nilai perlu memasukan tanda koma di akhir meskipun hanya terdapat satu nilai.

Akses Nilai Dalam Tuple

Dalam mengakses nilai pada tuple, gunakan tanda kurung siku untuk mengiris beserta indeks atau indeks untuk mendaptkan niai yang tersedia di indeks ersebut. Perhatikan kode program di bawah.

#Akses Tuple
print("tuple indeks ke 0 : ", desa[0])
print(tuple2[1:], tuple1)

Perbarui Nilai Dalam Tuple

Dikarenakan tuple tidak dapat berubah, yang berarti kita tidak dapat memperbarui atau mengubah nilai pada elemen tuple, namun kita dapat mengambil bagian dari tuple yang ada untuk membuat tuple baru seperti pada contoh kode program dibawah ini :

#Membuat tuple baru dengan menggabungkan
tuple3 = tuple1 + tuple2
print (tuple3)

Menghapus Nilai Dalam Tuple

Menghapus elemen tuple secara individual tidak mungkin dapat dilakukan. Untuk menghapus keseluruhan tuple dapat menggunakan statement del seperti pada contoh kode program di bawah.

#menghapus tuple
del pos #fungsi hapus tuple

Operasi Dasar Pada List
Tuple mendukung operator (+) dan (*) sama seperti string dan list, ini berarti penggabungan dan pengulangan diini juga berlaku, kecuali hasilnya tuple baru bukan string.

Operasi Dasar Tuple Python
Operasi Dasar Tuple Python

Indexing, Slicing dan Matrix
Dikarenakan tuple merupakan urutan, pengindeksan dan pengiris bekerja dengan cara yang ama untuk tuple seperti pada string dan list, dengan asumsi masukan seperti berikut :
T=(‘Kotlin’, ‘Java’, ‘Python’)

Indexing, Slicing dan Matrix Tuple Python
Indexing, Slicing dan Matrix Tuple Python

Fungsi Build-in
Fungsi Build-in Tuple Python
Fungsi Build-in Tuple Python

Dictionary


Dictionary Pthon  berbeda dengan tuple mapun list ikuti tautan tersebut untuk beralih ke postingan list. Karena setiap urutannya berisi key dan value. Setiap key dipisahkan dari valuenya oleh simbol titik dua (:) , item dipisahkan oleh tanda koma (,) dan semuanya terteutup oleh kurung kurawal ({}). Nilai kamus dapat berupa tipe data apapun namun untuk key harus berupa tipe data yang tidak berubah seperti string, angka atau tuple.

#Pembuatan dictionary
kamus = {'Merek':'Dell', 'RAM':4}
siswa = {'nama':'Syahrul', 'gender':'pria', 'Usia':22,}

Akses Nilai

Dalam mengakses elemen dictionary dapat dengan menggunakan tanda kurung siku yang sudah dikenal bersama dengan key unuk mendapatkan nilainya. Berikut merupakan contoh pembuatan dan pengaksesan nilai dari dictionary pada Python.

#akses dictionary
print("Nama Saya", siswa['nama'])

Perbarui Nilai

Mengubah nilai dictionary dapat dengan menambahkan entri baru atau pasangan nilai kunci, memodifikasi entri yang ada seperti ditunjukan pada kode program dibawah ini.

#Perbarui dictionary
siswa['usia'] = 20 #mengubah entri yang ada
siswa['rumah'] = 'Sekarwangi' # menambah entri baru
print (siswa)

Hapus Nilai

Dalam menghapus elemen dictionary sebagian atau seluruh isi dictionary. Untuk menghapus seluruh dictionary secara eksplisit cukup gunakan statemen del seperti pada kode program di bawah.

#Hapus dictionary
del siswa['gender'] #hapus entri gender
kamus.clear() #hapus semua entri di kamus
print(siswa, kamus)
del kamus #hapus dictionary kamus



Rekomendasi Web Hosting
Hosting murah minimal order 1 bulan cuma 20rb. Gunakan voucher diskon 30%, kode voucher: MCP, total bayar hanya 14rb!!! Daftar sekarang