Tutorial POST dan GET Request Dalam Bahasa Pemrograman PHP

Pada kesempatan kali ini Mycoding.net akan mengulas tentang , dengan judul artikel Tutorial POST dan GET Request Dalam Bahasa Pemrograman PHP.

Artikel Terkait Tutorial PHP
POST GET Request PHP

 

POST Request

POST request merupakan proses pengiriman data atau submit melalui form. PHP bisa digunakan dalam menerima data hasil submit tersebut, data yang didapatkan nantinya bia diproses dalmenam script PHP. Untuk menerima data dari proses submit form dalam PHP dengan metode POST dapat menggunakan statement assignment berikut ini.

$namaVariabel = $_POST[‘nama komponen dalam form’];


Dalam hal tersebut, nama variabel boleh sama atau tidak sama dengan nama komponen pada form. Namun disarankan, anda membuat nama variabel yang berbeda dari nama komponen form agar mencegah kekeliriuan penamaan atau pemanggilan.

Untuk lebih jelas mengenai fungsi POST, perhatikan contoh berikut :
Dalam contoh ini, kita coba membuat membuat form  yang di dalamnya terdapat dua komponen input dua buah bilangan.

Index.php

<!DOCTYPE html>
<html lang="en">
<head>
    <meta charset="UTF-8">
    <meta name="viewport" content="width=device-width, initial-scale=1.0">
    <meta http-equiv="X-UA-Compatible" content="ie=edge">
    <title>BLOGBUGABAGI</title>
</head>
<body>
    <form action="proses_post.php" method="post">
    <label for="bilangan1">Bilangan 1</label>
    <input name="bilangan1" type="text">
    <label for="bilangan2">Bilangan 2</label>
    <input name="bilangan2" type="text">
    <input type="submit" value="Submit">
    </form>
</body>
</html>



Pada script diatas bisa kita lihat bahwa terdapat dua komponen di dalam form, yang masing-masing memiliki nama “bilangan1” dan “bilangan2” (perhatikan atribut name=”....” pada komponen input). Atribut action=”proses_post.php” mempunyai maksud apabila tombol submit tersebut diklik maka data yang telah dimasukan atau diisi pada form nantinya akan dikirim dan diolah pada file proses_post.php.

Sekarang kita buat terlebih dahulu file proses_post.php. Dalam file proses_post.php ini terdapat script yang bertugas untuk mendapatkan dan membaca nilai yang telah dimasukan di atas untuk ditampilkan pada halaman browser.

Proses_post.php

<?php
$bil1 = $_POST['bilangan1'];
$kali = $bil1 * $_POST['bilangan2'];

echo "Bilangan pertama yang diterima adalah " .$bil1. "<br> Bilangan kedua yang diterima adalah " .$_POST['bilangan2'];
echo "<br> Hasil kali dari kedua bilangan adalah " .$kali;
?>


Anda dapat menyimpan nilai dari $_POST[] ke dalam variabel tertentu atau dapat pula langsung menggunakan $_POST[] untuk diproses tanpa perlu disimpan ke variabel tertentu. Perhatikan script diatas untuk nilai dari bilangan 1 disimpan ke dalam variabel bil1 sedangkan untuk bilangan 2 tanpa disimpan ke dalam variabel langsung menggunakan $_POST[].

Kedua data yang didapatkan dengan metode POST tadi dapat kita gabungkan dengan operasi aritmatika perhatikan variabel kali yang didalamnya terdapat bilangan 1 dan bilangan 2 yang akan dikalikan lalu hasil dari perkalian ditampilkan pada halaman browser.

 

GET Request

GET Request merupakan proses permintaan data melalui URL tidak seperti metode POST yang melalui form. Metode GET data yang didapatkan terbatas pada jumlah karakter. Mungkin anda pernah melihat url atau link yang berbentuk https://blogbugabagi.net/food.php?id=3 perhatkan bagian url yang terdapat tanda tanya (?) bagian tersebut dinamakan parameter. Dari contoh url tadi maksudnya adalah mengirim data berupa id=3 ke file food.php.
Untuk mendapatkan dan membaca input dari GET Request adalah dengan menggunakan $_GET[‘namaparameter’];

Untuk lebih jelas perhatikan contoh berikut ini yang akan menjumlahkan dua buah bilangan dari hasil masukkan GET Request.

Proses_get.php

<?php
$bil1 = $_GET['bil1'];
$bil2 = $_GET['bil2'];
$kali = $bil1 * $bil2;

echo "Bilangan pertama yang diterima adalah " .$bil1. "<br> Bilangan kedua yang diterima adalah " .$bil2;
echo "<br> Hasil kali dari kedua bilangan adalah " .$kali;
echo "<br><a href='http://localhost/phhp/proses_get.php?bil1=24&bil2=90'>KLIK KALIKAN</a>";
?>

Untuk menjumlahkan dua bilangan menggunakan GET Request dengan file proses_get.php di atas, Caranya dengan mengetikan pada url seperti berikut ini :
http://localhost/namafolder/proses_get.php?bil1=12&bil2=6
Url diatas akan mengalikan dua bilangan yaitu 12 (bil1) dan 6 (bil2). Tanda ampersand (&) dipergunakan untuk memisahkan antar parameter. Atau melaui link perhatikan tag <a> diatas yang memiliki link yang terdapat parameter.

Rekomendasi Web Hosting
Hosting murah minimal order 1 bulan cuma 20rb. Gunakan voucher diskon 20%, kode voucher: MCPROJECT, total bayar hanya 16rb!!! Daftar sekarang