Fitur-fitur Utama Vue JS

Artikel Terkait Vue JS
Pada awalnya Vue dibaca view merupakan projek yang dikembangkan oleh Evan You ketika masih bekerja di Google Creative labs pada tahun 2013, namun sekarang Vue telah dikembangkan oleh puluhan orang, belum lagi kontributornya di akun Gihubnya lumayan banyak. Salah satu sponsor utama adalah Taylor Otwell pendiri dari Laravel PHP Framework dimana menjadikan Vuue sebagai library Javascript untuk Laravel. Vue merupakan salah satu pustaka Javascript yang dipergunakan dalam membangun sebuah tampilan antarmuka dari suatu aplikasi berbasis web khususnya single page application (SPA)  bahkan sekarang Vue juga sudah mulai bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi baik berbasis desktop maupun mobile. Kunjungi juga postingan kenapa harus memilih Vue.

Vue JS
Sumber Gambar : Codepolitan


Fitur utama yang dimiliki oleh Vue dalam menunjang pengembangan suatu aplikasi secara garis besar diantaranya sebagai berikut :

Virtual DOM

DOM adalah singkatan dari Document Object Model yaitu model yang menggambarkan suatu halaman HTML atau XML. DOM memiliki bentuk seperti struktur hirarki pohon yang menghubungkan tiap-tiap elemen HTML atau XML (node). Agar lebih jelas perhatikan ilustrasi kode program HTML di bawah ini.

<html>
<head>
   <title>Judul</title>
</head>
<body>
   <h2>Hello World</h2>
   <p>Vue JS</p>
</body>
</html>


Dilihat dari udut pandang DOM kode program HTML di atas memiliki root node html, node html mempunyai dua buah child node yakni head dan body. Sedangkan node head mempunyai satu buah child yakni title, untuk node body sendiri mempunyai  dua buah child yakni h1 dan p.

Struktur hierarki html DOM


Sebenarnya tanpa menggunakan Vue, Javascript juga memiliki kemampuan dalam mengakses dan memanipulasi semua DOM tersebut secara langsung. Tapi alih-alih memanipulasi DOM secara langsung, Vue mempunyai pendekatan yang sedikit berbeda yakni dengan membuat abstraksi objek virtual DOM yang kemudian dimanipulasi dan dirender hasilnya. Pendekatan ternyata lebih efisien dan cepat dibandingkan dengan memanipulasi DOM secara langsung.


Reactivity

Vue mendukung reactivity secara default, reactivity merupakan sebuah perubahan data pada suatu bagian tertentu akan secara interaktif mempengaruhi bagian yang lainnya. Para pengembang aplikasi akan diberikan kemudahan  karena dapat lebih terfokus pada flow data dan template.

Template

Template adalah sebuah kode yang dijadikan pondasi dasar dari suatu komponen dan biasanya berupa kode program HTML biasa. Dalam menuliskan template pada Vue terbilang cukup fleksibel karena kita dapat menuliskan suatu template dengan kode komponenya layaknya React ataupun terpisah menggunakan tag template atau HTML yang id-nya telah dinyatakan atau didaftarkan, ataupun juga dibuat terpisah pada file tersendiri yang biasanya menggunakan ekstensi file Vue ataupun yang lainnya.

Component Base

Dikarenakan Vue menggunakan pendekatan berbasis komponen jadi dimana setiap bagian dari tampilan merupakan sebuah komponen.Dengan pendekatan ini, sebuah tampilan yang komplek dapat dibagi menjadi beberapa bagian dan setiap bagian tersebut dapat digunakan kembali pada bagian yang lain sehingga akan membuat kode yang rapih. Kode komponen pada Vue dituliskan dengan kode javascript ebagai sebuah objek.

State Management

Sebab Vue memiliki pendekatan berbasis komponen sehingga membutuhkan pendekatan terpusat dalam menyimpan state atau data aplikasi yang dapat dibaca dan dimodifikasi oleh semua komponen yang membutuhkan. Pustaka yang mendukung secara resmi menangani state tidak pada core Vue namun menggunakan Vuex.

Modularity

Sebuah komponen pada Vue dapat dibagi menjadi modul-modul kecil sehingga dapat memudahkan pengembang dalam mengembangkan ataupun mengelola kodenya terutama pada sebuah proyek aplikasi yang berskala cukup besar.

Routing

Routing merupakan kebutuhan dalam pembuatan sebuah aplikasi enterprise atau berskala cukup besar karena menyangkut bagaimana suatu halaman pada sebuah aplikasi tersebut dapat diakses oleh penggunanya melalui browser. Walaupun tidak pada core-nya, namun Vue memfasilitasi pustaka yang mendukung secara resmi dalam menangani routing aplikasi yaitu Vue router. https://router.vuej.org

Referensi
Hafid Mukhlasin Vue JS The Progressive Javascript Framework
Rekomendasi Web Hosting
Hosting murah minimal order 1 bulan cuma 20rb. Gunakan voucher diskon 30%, kode voucher: MCP, total bayar hanya 14rb!!! Daftar sekarang