Konsep MVC (Model, Views, Controller) CodeIgniter

Pada kesempatan kali ini Mycoding.net akan mengulas tentang , dengan judul artikel Konsep MVC (Model, Views, Controller) CodeIgniter.

Artikel Terkait Pemrograman

Konsep MVC (Model, Views, Controller) adalah suatu pattern atau pola teknik pemrograman yang memisahkan antara alur, data dan antarmuka suatu sistem atau secara sederhananya bahwa MVC sebuah pola pemrograman yang memisahkan antara desain, model dan juga proses.

MVC
Sumber gambar : gedelumbung

Model

Suatu model pada konsep MVC pada umumnya berkaitan dengan hubungan langsung dengan database dalam memanipulasi data baik berupa insert, update, delete, search dan juga menangani validasi dari bagian Controller namun tidak dapat langsung berhubungan dengan bagian View karena dipisahkan oleh Controller.

Views

Views adalah bagian yang melakukan penanganan presentation logic atau user interface. Dalam sebuah aplikasi berbasis web bagian view ini biasanya berupa template HTML yang dikelola oleh controller. Bagian view ini bertugas untuk menerima dan merepresentasikan data kepada pengguna.

Controller

Controller adalah bagian yang mengatur hubungan antara bagian views dengan bagian model. Controller ini bertugas untuk menerima permintaan dan data dari pengguna yang kemudian menentukan apa yang akan diproses dan dieksekusi oleh suatu aplikasi. Intinya controller adalah bagian yang menjembatani antara model yang berhubungan dengan database dan dihubungkan dengan ke bagian views untuk ditampilkan data aplikasinya.

Beberapa kelebihan yang didapatkan ketika menggunakan konsep MVC CodeIgniter ini adalah sebagai berikut diantaranya :
  • Mempersingkat Waktu Pembuatan, Dengan menerapkan konsep MVC yang telah disediakan oleh framework CodeIgniter sehingga para pengembang tidak perlu memikirkan strukturnya tinggal berfokus pada proses pembuatan aplikasinya.
  • Penggunaan Code Berulangan, Karena mempunyai struktur ang baku pada framework CodeIgniter sehingga para pengembang dapat menggunakan sruktur ini kembali pada proyek yang lain atau pengembangan aplikasinya.
  • URL SEO Friendly, pada CI terdapat routes yang bisa dengan mudah membuat alamat url yang singkat dan meminimalisir perintah $_GET menjadi url sehingga alamat url tidak terlalu panjang.
  • Konfigurasi yang minim, Dalam menyesuaikan konfigurasi koneksi database dan keleluasaan routing tetap dapat melakukan konfigurasi dengan mengubah beberapa file config seperti routes.php, config.php, database.php namun untuk menggunakan framework CI dengan perngaturan default anda tidak perlu merubah banyak pengaturan pada file konfigurasi.
  • Tersebar banyak komunitas, Framework CodeIgniter ini cukup populer dikalangan pengembang web yang menggunakan bahasa PHP dan tersebar banyak pengembang dan komunitas yang dapat membantu apabila mengalami trouble atau kesulitan.
  • Performa Cepat dan Stabil, Dalam melakukan eksekusi, framework CI ini terbilang lebih cepat dan cukup stabil dibandingkan dengan framework PHP yang lain.
  • Mudah dimengerti, Framework CI ini tidak begitu berbeda dengan PHP biasanya sehingga para pengembang dapat mengerti maksud dari kode-kode yang ada pada CodeIgnier tersebut.
Rekomendasi Web Hosting
Hosting murah minimal order 1 bulan cuma 20rb. Gunakan voucher diskon 20%, kode voucher: MCPROJECT, total bayar hanya 16rb!!! Daftar sekarang