Macam-Macam Enkripsi Pada Pemrograman Web

Artikel Terkait Sistem Keamanan
Macam-Macam Enkripsi Pada Pemrograman Web

Enkripi merupakan suatu metode yang dipergunakan dalam menkodekan data sedemikian rupa sehingga data tersebut terjaga kerahasiaan atau keamanannya dan tidak dapat dilihat atau dibaca tanpa di deksripsi.

Manfaat Enkripsi

Kerahasiaan suatu informasi terjamin.
Mencegah penyadapan pada telepon atau email.
Menyediakan autentifikasi dan perlindungan integritas.
Untuk perlindungan pada digital cash.

Kerugian Enkripsi

Penyandian atau penembunyian tindakan kriminal atau teroris.
Pesan tidak bisa dibaca karena penerima lupa atau kehilangan kunci enkripsi.

Terdapat beberapa macam metode enkripsi yang cukup populer dan sering digunakan pada pemrograman web seperti PHP, ASP dan lain sebagainya.

Metode Enkripsi MD2

Message Digest Algorithm 2 (MD2) merupakan fungsi hash cryptographic yang dikembangkan oleh Ronald Rivest pada tahun 1989. Algoritma ini kemudian dioptimalkan untuk komputer 8-bit dan ditetapkan dalam RFC 1319. MD2 hingga saat ini masih dipergunakan dalam insfratruktur kunci publik sebagai bagian dari sertifikat yang dihasilkan dengan MD2 dan RSA.

Metode Enkripsi MD4

Message Digest Algorithm 4 (MD4) yang dikembangkan oleh Ronald Rivest dari MIT pada tahun 1990. MD4 memiliki panjang 128 bit, MD$ juga sering dipergunakan dalam menghitung NT_hash ringkasan kata sandi pada Microsoft Windows NT, XP dan juga Vista.

Metode Enkripsi MD5

Message Digest Algorithm 5 merupakan salah satu dari serangkaian algoritma message digest yang dirancag oleg Ronald Rivest pada tahun 1991. MD5 memiliki tujuan untuk memperbaiki metode enkripsi sebelumnya pada MD4 yang memiliki celah keamanan yang ditemukan oleh Hans Dobbertin. Dalam kriptografi MD5 berfungsi hash kriptografik dengan hash value 128 bit pada standar internet RFC 1321 MD5 telah dimanfaatkan pada berbagai hal keamanan. MD5 juga sering digunakan untuk pengujian integritas sebuah file atau berkas.

Metode Enkripsi SHA

Secure Hash Algorithm (SHA) merupakan serangkaian fungsi kriptografi hash yang dirancang oleh NSA (National Security Agency) dan dipublikasikan oleh NIST sebagai US Federal Information Processing Standard. SHA juga mempunyai berbagai jenis dan perkembangan seperti SHA-0, SHA-1, dan SHA-2. Pada SHA-2 menggunakan algoritma yang identik dengan ringkasan ukuran variabel yang terkenal sebagai SHA-224, SHA-256, SHA-384 dan SHA-512.

Metode Enkripsi RC4

RC4 merupakan penyandian stream cipher yaitu memproses unit pada satu saat yang dikembangkan oleh Ron Riverst pada tahun 1987 untuk pengamanan RSA algoritma ini didasarkan pada permutasi acak.

Metode Enkripsi Base64

Base64 adalah format yang dicetak menggunakan karakter sehingga memungkinkan binari data yang akan dikirim dalam bentuk dan email akan disimpan di database suatu file. Base 64 menyediakan 6-bit encoding 8-biit ASCII karakter. Dengan Base64 maka sistem dapat mewakili data mentah byte sebagai karakter ACII.

Rekomendasi Web Hosting
Hosting murah minimal order 1 bulan cuma 20rb. Gunakan voucher diskon 30%, kode voucher: MCP, total bayar hanya 14rb!!! Daftar sekarang