Mengapa Memilih Vue JS

Artikel Terkait Vue JS
Vue pertama dikembangkan oleh Evan You,  Vue adalah salah satu library dalam bahasa pemrograman Javascript yang dipergunakan untuk membuat tampilan antarmuka pengguna atau user interface pada sebuah aplikasi berbasis web khususnya yang SPA atau single page application. Namun saat ini Vue JS juga sudah mulai bisa dipergunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasis desktop dan mobile.


Vue JS
Sumber Gambar : Codepolitan


Apabila dilihat dari sudut pandang karakteristik penggunanya Vue menarik untuk mereka yang menyukai klasik Javascript, HTML dan CSS karena Vue memiliki pendekatan yang lebih natural. Dibandingkan dengan dua library Javascript yang cukup populer lain seperti React menarik untuk mereka yang menyuka fungsional programing sedangkan Angular menarik untuk mereka yang terbiasa menggunakan bahasa pemrograman Java atau C#.

Mengapa Vue


Berikut beberapa alasan kenapa harus memilih library Vue, Ini tidak bermaksud untuk menjelekan salah satu library tentunya setiap library memiliki kelebihan dan kekuranganya masing-masing.

Library Javascript Populer

Vue merupakan library Javascript yang cukup populer dibandingkan dengan library lain seperti React dan Angular. Berdasarkan data dari Github Desember 2019 jumlah star di akun Githubnya Vue JS berjumlah 154k pengguna dan di fork sebanyak 23,1k pengguna sedangkan React jumlah star diakunya 141k dan fork 27k dan Angular jumlah star sebanyak 59,6k dan fork 28,8k. Dari trend pencarian Googlepun Vue selalu memiliki jumlah pencarian terbanyak dibanding dengan kedua library tersebut selama 12 bulan terakhir.

Google Trends Vue, React & Angular


Disokong dengan Banyak Pustaka

Vue disokong oleh banyak pustaka sehingga para pengembang cukup dimudahkan untuk bekerja menggunakan Vue karena sokongan pustaka yang cukup melimpah. Berbagai pustaka yang mendukung Vue dapat dilihat di tautan berikut https://github.com/vuejs/awesome-vue

Digunakan Oleh Perusahaan Besar

Para pengguna Vue tidak hanya individu namun juga beberapa perusahaan atau situs besar juga telah menggunakan Vue seperti Alibaba, Xiaomi, Otsuka, Line, Adobe, Laravel, Gitlab, Nintendo dan lain sebagainya. Selengkapnya kunjungi https://madewithvuejs.com

Dukungan Official dalam Pengembangan Aplikasi Enterprise

Vue mendukung dan mengembangkan sendiri secara resmi pustaka-pustaka yang dipergunakan dalam membuat aplikasi berskala besar seperti Vue Router (routing), Vuex (state management), server side rendering dan lain sebagainya. Disamping itu kita masih bisa menggunakan pustaka lain seperti Redux, Mobx dan lain sebagainya.

Cukup Mudah Untuk Dipelajari

Disinggung di awal bahwa Vue memiliki pendekatan yang lebih natural sehingga siapapun yang mempunyai latar belakang pengetahuan mengenai web dasar HTML, CSS dan Javascript akan cukup mudah untuk menggunakan Vue karena Vue tidak banyak memperkenalkan konsep baru.

Beberapa fitur-fitur utama yang dimiliki oleh library Vue adalah Virtual DOM, DOM kependekan dari Document Object Model merupakan mode yang menggambarkan halaman HTML atau XML. Vue dalam memanipulasi DOM memiliki pendekatan yang sedikit berbeda yakni dengan membuat abstraksi objek virtual dari DOM kemudian memanipulasinya barulah kemudian merender hasilnya.
Fitur utama lainnya yang dimiliki oleh Vue adalah Component Base dimana setiap bagian dari tampilan merupakan komponen sehingga tampilan yang komplek bisa dipecah menjadi beberapa bagian dan bagian tersebut dapat digunakan kembali pada bagian yang lain. Vue juga mendukung reactivity secara default yaitu perubahan data pada suatu bagian tertentu akan secara interaktif mempengaruhi bagian yang lain.

Referensi
Hafid Mukhlasin Vue JS The Progressive Javascript Framework
Rekomendasi Web Hosting
Hosting murah minimal order 1 bulan cuma 20rb. Gunakan voucher diskon 30%, kode voucher: MCP, total bayar hanya 14rb!!! Daftar sekarang