Percabangan if, else, elif Pada Pemrograman Python

Artikel Terkait Python

Percabangan Python

IF

Percabangan akan mampu membuat program berpikir dan menentukan tindakan yang sesuai dengan kondisi yang diberikan. Pada pemrograman Python ada beberapa statement atau kondisi diantaranya if, else dan elif. Kondisi if dipergunakan unuk mengeksekusi kode jika kondisi tersebut bernilai benar jika kondisi bernilai salah atau sebaliknya maka kode tidak akan dieksekusi. Perhatikan kode program penggunaan kondisi if di bawah ini :

total = int(input("Total Belanja : Rp. "))

if total > 100000:
print("Anda Mendapatkan Bonus Bimoli 1L")
if total > 90000:
print("Anda Mendapatkan Bonus Bimoli 200ml")
if total < 90000:
print("Tidak ada Bonus")


Output Percabangan IF Python
Output Percabangan IF


Dari contoh diatas, jika program dijalankan dan menginputkan nilai diatas 90 ribu sampai 100 ribu maka akan mencetak string “Anda Mendapatkan Bonus Bimoli   200ml”. Jika kurang dari 90 ribu maka akan mencetak string “Tidak ada Bonus”. Sedangkan apabila lebih dari 100 ribu maka akan mencetak string “Anda Mendapatkan Bonus” dan string “Anda Mendapatkan Bonus Bimoli   200ml” ini dikarenakan nilai tersebut bernilai benar, oleh karena itu jika terdapat kondisi lain sebaiknya menggunakan elif.

IF ELSE

Pengambilan keputusan dengan if else tidak hanya dipergunakan untuk menentukan tindakan apa yang akan di ambil sesuai dengan kondisi, namun juga digunakan untuk menentukan tindakan apa yang akan dieksekusi jika kondisi tidak sesuai. Kondisi if else adalah kondisi dimana jika pernyataan benar (true) maka kode dalam if akan dieksekusi sedangkan jika bernilai salah maka kode di else yang akan dieksekusi. Perhatikan contoh kode program di bawah ini merupakan penggunaan kondisi if else.

total = int(input("Total Belanja : Rp. "))

if total > 100000:
print("Anda Mendapatkan Bonus Bimoli 1L")
else:
print("Tidak ada Bonus")


Output Percabangan IF ELSE Python
Output Percabangan IF ELSE


Pada contoh di atas, jika program dijalankan dan apabila nilai yang diinputkan lebih dari 100 ribu maka akan mencetak string “Anda Mendapatkan Bonus Bimolli 1L” sedangkan apabila nilai salah atau kurang dari 100 ribu maka akan mencetak string “Tidak ada Bonus”.

ELIF

Pengambilan keputusan dengan kondisi elif merupakan percabangan dari kondisi if. Dengan elif maka dapat kode program dapat menyeleksi beberapa kemungkinan yang dapat terjadi pada suatu kondisi. Perhatikan contoh kode program penggunaan kondisi elif di bawah ini :

total = int(input("Total Belanja : Rp. "))

if total > 100000:
print("Bonus Bimoli 1L")
elif total >= 90000:
print("Bonus Bimoli 200ml")
elif total >= 80000:
print("Bonus Bimoli 100ml")
else:
print("Tidak Ada Bonus")


Output Percabangan ELIF Python
Output Percabangan ELIF


Pada contoh di atas, jika program dijalankan maka jika nilai yang diinputkan sesuai dengan salah satu
kondisi yang ada walaupun sesuai dengan kondisi yang lain namun akan dieksekusi yang lebih tepat. Misalnya pada nilai lebih dari 100 ribu maka string yang akan dicetak hanya “Bonus Bimoli 1L” tidak dengan string lain walaupun bernilai benar juga. Dan jika bernilai salah maka akan mencetak string “Tidak ada Bonus”
 

Rekomendasi Web Hosting
Hosting murah minimal order 1 bulan cuma 20rb. Gunakan voucher diskon 30%, kode voucher: MCP, total bayar hanya 14rb!!! Daftar sekarang