Tips Menjalajah di Internet Dengan Aman

Artikel Terkait Teknologi
Saat ini internet sedang berkembang pesat bahkan ada juga yang menganggap internet layaknya kebutuhan pokok seperti makanan. Internet tentunya mempunyai beberapa persoalan seperti keamanan internet. Pasalnya saat menjelajah di internet kita akan rawan terhadap pencurian data atau informasi yang sifatnya privasi.

Internet Aman


Berikut ini beberapa tips agar aman saat berinternet :

Hindari Menggunakan Komputer Publik

Saat menggunakan internet usahakan untuk menghindari komputer publik atau umum yang dapat digunakan oleh siapa saja. Apabila anda terpaksa untuk menggunakan komputer publik usahakan jangan mengakses situs, layanan, aplikasi atau hal lain yang sifatnya personal apalagi kegiatan yang berhubungan dengan finansial seperti transaksi keuangan ataupun perbankan. Menghindari penggunaan komputer publik ini dikarenakan kita tidak tahu apa saja program yang ada atau komputer tersebut telah dipasang suatu perangkat yang dapat membahayakan privasi kita seperti Keylogger apa yang kita ketikan akan direkam, atau Merekam tampilan layar  komputer tersebut dan lain sebagainya.

Hindari Menggunakan Wifi Public

Sekarang ini cukup banyak tersedia beberapa layanan wifi di tempat-tempat umum dan seolah-olah mengundang kita untuk terkoneksi  ke wifi tersebut baik untuk menghemat kuota karena wifi tersebut gratis. Wifi publik juga rentan terhadap keamanan karena keamanan wifi yang tidak diperhatikan oleh si penyedia layanan ataupun orang yang sengaja membuat wifi dengan tujuan mendapatkan data pengguna wifinya. Wifi publik tidak disarankan untuk dipergunakan untuk kegiatan yang bersifat pribadi karena bisa saja ada yang melakukan pengintipan data atau sniffing melihat situs apa saja yang dibuka dan mendapatkan data dari informasi login kita.

Password Berbeda Setiap Akun

Usahakan password atau kata sandi berbeda untuk setiap akun yang Anda milliki. Memang dirasa ribet dan juga rentan kita lupa terhadap password tersebut namun saat ini ada beberapa aplikasi yang memfasilitasi untuk mengelola password akun kamu. Memang keamanan itu berbanding terbalik dengan kemudahan jika ingin lebih aman tentunya Anda sendiri yang harus mengingatnya.

Autentifikasi Dua Faktor

Saat ini banyak penyedia layanan yang memfasilitasi untuk menggunakan autentifikasi dua faktor. Sistem keamanan ini memang menjadikan lebih rumit saat kita ingin masuk misalkan perlu mengecek sms yang masuk atau dengan yang lainnya. Jadi dengan autentifikasi dua faktor ini memungkinkan kita untuk masuk tidak hanya dengan username dan password namun juga memerlukan konfirmasi baik dari no telepon, email ataupun yang lainnya.

Perbarui Browser

Pastikan juga anda menggunakan browser yang terbaru. Perbaruan pada suatu browser tidak hanya sebatas penambahan fitur saja namun juga peningkatan keamanan sesuai dengan tren serangan siber yang ada. Oleh karena itu saat ada pembaruan tidak ada salahnya kita untuk memperbaruinya.


Kombinasi Password yang Kuat

Saat kita membuat password usahakan membuat password panjang lebih dari delapan karakter dengan menggunakan campuran huruf kapital dan kecil, angka, dan juga simbol agar password kita sulit untuk ditebak oleh orang lain dan juga mengindari penyerangan brute force. Hindari juga password yang mudah ditebak seperti tanggal lahir, hobi, nama sekolah, tempat lahir, nama pasangan usahakan membuat password yang tidak identik dengan diri kita. baca juga postingan tips membuat password yang kuat.

Perhatikan URL

Saat kita mengunjungi sebuah situs ataupun link dari internet, perhatikan alamat url tersebut jika alamat url tidak ada kenali dan perlu memasukan informasi pribadi berhati-hati bisa saja ini phising. Misalnya tampilan sama dengan login facebook namun alamat url tidak sama misalkan fac3b00k.com sedangkan kita ketahui bahwa situs resmi dari facebook adalah facebook.com jadi dapat disimpulkan bahwa situs tersebut adalah phising sebuah situs yang menyerupai facebook agar kita terkelabui olehnya dan kita login disana. Perhatikan juga link diawali dengan https dan simbol gembok.

Semakin aman kita saat berinternet tentunya sebanding dengan semakin ribet kita untuk menggunakan internet misalnya saat proses login kita perlu mengetik kata sandi yang cukup rumit karena kombinasi passwordnya dan juga passwordnya yang berbeda-beda setiap akun sehingga kita juga rentan lupa belum lagi ditambah autentifikasi dua faktor dan lain sebagainya. Ini diibarakan kita memiliki pintu di rumah yang memasang kunci pintu, ditambah gembok, ditambah slot sehingga kita akan membutuhkan waktu lebih dan ribet untuk membukanya. Ya inilah keamanan semakin mudah mengaksesnya maka semakin besar celah untuk dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Rekomendasi Web Hosting
Hosting murah minimal order 1 bulan cuma 20rb. Gunakan voucher diskon 30%, kode voucher: MCP, total bayar hanya 14rb!!! Daftar sekarang