Upgrade XAMPP ke PHP 8 dan Menambah Banyak versi PHP di XAMPP

Pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang dengan judul artikel .

Artikel Terkait Localhost
Berikut ini panduan cara melakukan upgrade versi XAMPP ke PHP yang support versi 8 dan juga cara menambah banyak versi PHP yang didukung dalam di XAMPP pada localhost windows. Silahkan diikuti sesuai uturannya dengan lengkap dan teliti.

Cross Platform + Apache + MariaDB + PHP + Perl atau disingkat XAMPP adalah adalah perangkat lunak yang mendukung di banyak sistem operasi dan kompilasi dari beberapa program. Fungsinya sebagai web server yang berdiri sendiri, yang terdiri atas program Apache HTTP Server, database MariaDB (yang dulunya MySQL), dan bahasa pemrograman PHP dan Perl.

Upgrade XAMPP ke PHP 8 & Menambah Banyak versi PHP


1) BACKUP DATABASE WEB LOCALHOST

Untuk proses backup semua database website di localhost, ada beberapa hal penting yang perlu diterapkan agar tidak terjadi masalah saat ingin melakukan import nantinya. Silahkan ikuti video Panduan EXPORT Semua Database Web di Localhost Secara Bersamaan pada video berikut https://www.youtube.com/watch?v=QLhrDBdFDfY

2) MENGHENTIKAN MODULE XAMPP

1. Buka XAMPP
2. Stop semua module dan service XAMPP yang berjalan. Hingga tampil seperti gambar dibawah ini
MENGHENTIKAN MODULE XAMPP
3. Setelah itu klik Quit, pastikan XAMPP sudah tertutup

3) MENGHENTIKAN SERVICE XAMPP

1. Ctrl + R. Ketik services.msc
2. Cari apache2.4 dan mysql
3. Klik kanan, pilih properties
4. Startup type pilih Manual
5. Service status pilih Stop, klik OK
MENGHENTIKAN SERVICE XAMPP

4) BACKUP SEMUA PROJECT WEB DI HTDOCS

Untuk proses backup ini bisa dengan 2 cara, yang pastinya ini mempunyai tujuan yang sama, yaitu mengamankan semua project web kita di htdocs.

CARA 1, Merubah nama folder xampp jadi xampp-LAMA. Lokasi folder XAMPP umumnya terletak di C:/xampp.
BACKUP SEMUA PROJECT WEB DI HTDOCS

CARA 2, Memindahkan semua project web yang terdapat di folder htdocs ke folder lain. Lokasi folder htdocs umumnya terletak di C:/xampp/htdocs.

Disini saya gunakan CARA 1 karna project web nya sangat banyak sehingga butuh waktu lama jika saya backup dengan memindahkan/menyalin ke folder lain.

Pada tahap ini kita sudah berada di titik aman, karna sudah melakukan backup semua database dan backup semua project web.

5) MENGINSTAL XAMPP TERBARU (SUPPORT PHP 8)

Silahkan download web server Cross Platform + Apache + MariaDB + PHP + Perl atau disingkat XAMPP di situs Apache Friends berikut https://www.apachefriends.org/download.html

Disini kita akan melakukan Upgrade XAMPP di PC Tanpa Uninstall XAMPP yang lama, karna terdapat banyak project di folder htdocs XAMPP yang lama dan butuh waktu yang lama pula jika kita backup dengan menyalin project-project web tersebut ke folder lain.

Jadi, pastikan teman-teman mengikuti langkah diatas agar bisa install XAMPP terbaru yang telah di download. Karna kita harus merubah nama folder XAMPP yang masih terinstal. Agar XAMPP terbaru bisa kita instal di lokasi yang sama, yaitu disk C:/ dan nama folder xampp (C:/xampp)

1. Ubah nama folder xampp yang masih terinstal menjadi xampp-LAMA, dll
Upgrade XAMPP di PC Tanpa Uninstall XAMPP

2. Lakukan instalasi XAMPP terbaru pada lokasi xampp lama (C:/xampp)
Upgrade XAMPP ke PHP 8
MENGINSTAL XAMPP TERBARU

6) MEMINDAHKAN PROJECT WEB KE HTDOCS

Melanjutkan tahap-tahap sebelumnya, dimana kita menyimpan backup project web di folder xampp-LAMA. Disini kita memindahkan semua project web tersebut ke lokasi htdocs XAMPP yang baru di install.

7) MELAKUKAN IMPORT SEMUA DATABASE

Untuk proses import semua database ke localhost XAMPP terbaru, ada beberapa hal penting yang perlu disetting agar tidak terjadi masalah saat import. Silahkan ikuti Panduan IMPORT Semua Database Web ke Localhost Secara Bersamaan pada video berikut https://www.youtube.com/watch?v=QLhrDBdFDfY

8) MELAKUKAN UPGRADE DATABASE

Setelah semua database kita import, maka kita perlu menyesuaikan dan mensinkronkan database-database tersebut dengan versi PHP terbaru yang digunakan XAMPP. Upgrade database ini tidak akan menghilangkan database Anda, jadi dipastikan aman.
1. Buka XAMPP
2. Buka Shell pada bagian kanan menu XAMPP
3. Masukkan perintah upgrade database dibawah ini
mysql_upgrade;
4. Tunggu proses upgrade selesai 100%
CARA UPGRADE DATABASE MYSQL DI XAMPP

9) MENAMBAH BANYAK VERSI PHP DI 1 XAMPP

Menambah Banyak versi PHP di XAMPP
Teman-teman yang ingin menggunakan versi php yang lain dalam 1 XAMPP localhost yang sama, bisa mengikuti tahap-tahap membuat multi versi php di localhost xampp pada 1 komputer windows, cukup dengan 1 XAMPP saja untuk semua versi PHP yang diinginkan. Silahkan disimak panduannya di video berikut https://www.youtube.com/watch?v=uTmsY9A80PI.

Upgrade XAMPP ke PHP 8 dan Menambah Banyak versi PHP di 1 XAMPP

Dalam video ini, kita akan melakukan upgrade XAMPP dan menginstal PHP versi 8 di XAMPP Server. PHP 8.0.0 rilis pada tanggal 26 November 2020. XAMPP adalah paket server solusi web dengan Apache Server, MariaDB (MySQL), Perl dan PHP.

Kita akan membuat settingan agar di XAMPP terbaru yang menggunakan PHP 8 ini nantinya juga bisa menjalankan PHP 5.6, 7.4, dll. Jadi, teman-teman tak perlu khawatir jika program nya ada yang error di XAMPP versi 8, karna masih bisa menggunakan versi 5.6 dan 7.4 di 1 XAMPP yang sama / Multiple PHP Version.

Demikianlah cara untuk melakukan upgrade versi XAMPP agar support menggunakan PHP versi 8, serta cara menambah banyak versi PHP yang didukung dalam 1 XAMPP agar bisa menggunakan multi php version. Semoga bermanfaat, sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.


REKOMENDASI WEB HOSTING

1. Domainesia. Voucher Diskon 20%: MYCODING
2. Idwebhost. Voucher Diskon 10%: aff-MYCODING
3. Niagahoster. Voucher Diskon 5%: MYCODING

KONTAK KAMI

▪ Email: mycoding@401xd.com
▪ WhatsApp: +6282377823390

TEMUKAN KAMI

Website
Blog
Youtube
Instagram
Twitter
Pinterest
Facebook
Kategori Terpopuler
Berlangganan artikel
Daftarkan e-mail Anda dibawah ini
Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.