Apa itu Domain: Pengertian dan Kegunaannya untuk Website?

Pada kesempatan kali ini Mycoding.net akan mengulas tentang , dengan judul artikel Apa itu Domain: Pengertian dan Kegunaannya untuk Website?.

Artikel Terkait Web Hosting
Pertanyaan apa itu domain memang sering muncul. Memahami pengertian domain merupakan salah satu langkah penting untuk menjalankan website yang berkualitas.
Domain: Pengertian dan Kegunaannya
Domain menjadi salah satu elemen yang harus Anda penuhi untuk meningkatkan kualitas website. Sebenarnya apa itu domain? Kenapa begitu penting oleh semua pemilik website?

Apa pun maksud website Anda, pengunjung merupakan tujuan utama. Apalagi jika Anda merupakan pemilik bisnis online. Domain memiliki peran yang besar di sini, sebab tanpa domain pengunjung tidak mungkin mengenali website Anda.

Mengenal Apa itu Domain?

Mengenal apa itu domain dan contohnya merupakan langkah awal sebelum Anda mulai memiliki website berkualitas.

Sebagai salah satu elemen dalam website, domain memegang peran yang  sangat penting. Sebab domain merupakan alamat yang akan mengantarkan pengunjung ke website Anda.

Sebagai contohnya, Anda sedang menuliskan kata kunci tentang produk kosmetik. Lalu muncul beberapa pilihan pada halaman pertama Google.

Kemudian Anda mulai memilih sebuah website dengan alamat XYZ.com. Nama alamat website tersebut adalah domain. Pengertian lebih mudahnya, anggap saja sebagai alamat yang Anda klik untuk membaca konten di dalamnya.

Pemilihan nama domain harus unik dan mudah. Tujuannya agar para pengunjung langsung berpikir ke website Anda ketika mencari sesuatu.

Jika nama domain yang Anda pilih terlalu rumit dan tidak karu-karuan, hanya sedikit yang mampu menemukan website Anda.

Dengan domain, siapa pun akan lebih mudah mengakses website tanpa perlu mengingat alamat IP. Sebab alamat IP terdiri dari beberapa angka, sedangkan domain menggunakan kata yang selalu memiliki akhiran .com, .id, .org, .co.id, serta masih banyak lagi.
Akhiran dalam nama domain tersebut harus Anda pilih sesuai dengan kebutuhan website. Domain sendiri terdiri dari 3 elemen, yaitu subdomain, second level domain, dan top-level domain.

Sebagai contoh “www.xyz.com”, “www” disebut sebagai subdomain, lalu “xyz” disebut sebagai second level domain, dan “.com” sebagai top-level domain.

Kenapa Harus Menggunakan Domain?

Ada beberapa alasan kenapa Anda harus menggunakan domain. Misalnya seperti sejumlah alasan berikut:

● Domain untuk Kepentingan Bisnis Online

Sebagai alamat sebuah website, domain merupakan hal wajib yang tidak boleh Anda abaikan. Apalagi jika keperluan website adalah untuk bisnis.

Ibaratkan saja bahwa domain merupakan alamat toko. Semua orang tahu bahwa tanpa alamat siapa pun tidak bisa datang untuk berkunjung.

Jika Anda menggunakan website untuk bisnis, sangat perlu untuk memilih domain dengan nama yang tepat. Semakin unik domain, semakin mudah seseorang untuk mengingatnya.

Biasanya dalam dunia bisnis, pemilihan domain akan sama dengan pemilihan nama toko asli dan beberapa media sosial yang Anda kelola. Sehingga mudah bagi website untuk langsung menghubungkannya ke media sosial Anda.

Jadi pilihlah nama domain yang paling unik dan menggambarkan toko Anda.

● Domain untuk Kepentingan Branding

Apa itu domain untuk kepentingan branding? Memangnya penting?

Ada banyak jenis niche dalam website, ada yang tentang kecantikan, kesehatan, teknologi, pariwisata, edukasi, dan masih banyak lagi.

Ambil salah satu contoh saja, yaitu website edukasi. Tujuan website edukasi adalah memiliki banyak pengunjung. Dengan menyajikan beberapa konten pendidikan, targetnya adalah anak-anak sekolah dan mahasiswa.

Bahkan dalam beberapa kesempatan juga digunakan untuk jual beli jasa atau buku serta alat tulis.

Jika Anda ingin memiliki website dengan niche edukasi, tentu harus memiliki domain. Seperti sebuah produk, tanpa branding. maka pelanggan tak bisa mengenalnya.

Pengunjung mungkin akan menyukai website Anda karena konten berkualitas yang Anda berikan. Tapi tanpa nama domain, hal itu akan sia-sia. Mereka pasti kesulitan jika akan mencari website Anda lagi.

Dengan menggunakan nama domain yang unik dan mudah diingat, orang-orang akan langsung menuju ke website Anda ketika mencari topik yang berhubungan.
Sama seperti website untuk edukasi, website kesehatan, kecantikan, dan yang lain juga memerlukan domain untuk branding.

Mengenal Top-Level Domain

Sebelumnya telah dibahas mengenai apa itu domain dan bagiannya? Jadi ada 3 bagian di dalam nama domain yaitu subdomain, second level domain, dan top-level domain.

Untuk second level bisa Anda pilih sesuai keinginan. Tetapi harus tetap mempertimbangkan nama yang belum dipakai oleh pengguna lainnya.

Sedangkan untuk top-level domain atau sering disebut TLD harus Anda pilih dengan teliti.

Secara umum, berikut beberapa penggunaan TLD:
  • .com paling umum digunakan sebagai situs komersial.
  • .info umumnya dipakai sebagai situs penyedia informasi.
  • .net untuk situs jaringan (network).
  • .org bertujuan untuk situs yang mencakup organisasi.
  • .id umum digunakan oleh orang-orang Indonesia. Pendaftarannya juga mengikuti beberapa aturan tertentu termasuk kepemilikan KTP Indonesia.
  • .edu hanya digunakan untuk organisasi pendidikan tertentu. Jika ingin menggunakan domain ini harus melewati beberapa tahap sebagai bukti organisasi Anda.

Apakah Domain Saja Sudah Cukup?

Sebenarnya bukan hanya domain elemen penting dalam suatu website. Tetapi hosting juga tidak kalah penting dengan domain. Domain dan hosting menjadi pelengkap satu sama lain yang harus Anda miliki untuk meningkatkan peringkat website.


Lalu apa itu domain dan hosting?

Jika domain merupakan alamat untuk mengantarkan pengunjung ke website, hosting merupakan tempat alamat Anda.

Tanpa hosting, website Anda tak bisa dikunjungi oleh siapapun. Kalau tidak memiliki tempat, memangnya apa yang akan dikunjungi?

Jadi, penting sekali untuk memiliki domain dan hosting agar website bisa berjalan sesuai kebutuhan Anda.

Dengan memahami tentang apa itu domain, Anda pasti sudah bisa menentukan pemilihan domain yang tepat untuk website. Agar website berjalan dengan lebih maksimal, pilih jasa domain dan hosting terbaik di Indonesia seperti domainesia.com.
Rekomendasi Web Hosting
Hosting murah minimal order 1 bulan cuma 20rb. Gunakan voucher diskon 20%, kode voucher: MCPROJECT, total bayar hanya 16rb!!! Daftar sekarang