3 Langkah Publikasi dan Rilis Aplikasi Android di Playstore (Step by Step)

Artikel Terkait Android Development
Bersemangat tentang meluncurkan aplikasi pertama Anda? Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara mempublikasikannya di Google Play Store untuk pengguna Android.

Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan, Google Play bisa dibilang salah satu platform terbesar untuk mendistribusikan, mempromosikan, dan menjual aplikasi Android.

Untuk pemula, memublikasikan aplikasi di Google Play bisa tampak seperti proses yang menakutkan. Seperti toko aplikasi lainnya, platform ini dilengkapi dengan seperangkat aturan, peraturan, dan prosedurnya sendiri, dan Anda perlu memahami cara kerjanya untuk menghindari masalah di masa mendatang.

3 Langkah Publikasi & Rilis Aplikasi Android di Playstore

Video ini adalah panduan langkah demi langkah tentang cara memublikasikan aplikasi Anda di Google Play Store.
Publikasi dan Rilis Aplikasi Android di Playstore

Langkah 1: Buat Akun Developer

Sebelum Anda dapat memublikasikan aplikasi apa pun di Google Play, Anda harus membuat Akun Pengembang. Anda dapat mendaftar dengan mudah menggunakan Akun Google. Artikel terkait: Daftar Google Developer hingga Diverifikasi.

Anda diwajibkan membayar pendaftaran sebesar $25 dolar atau sekitar Rp.350 ribu lebih ke pihak Google. Pembayaran ini hanya dilakukan sekali dan Anda bebas mengupload aplikasi sebanyak mungkin.

Langkah 2: Berencana Upload Aplikasi Berbayar? Tautkan Akun Merchant.

Jika Anda ingin memublikasikan aplikasi berbayar atau berencana untuk menjual dalam aplikasi, Anda perlu membuat profil pusat pembayaran, yaitu akun pedagang.
  • Inilah cara yang dapat Anda lakukan:
  • Masuk ke Play Console Anda
  • Klik Unduh Laporan – Keuangan
  • Pilih 'Siapkan akun pedagang sekarang'
  • Isi informasi bisnis Anda
  • Setelah Anda membuat profil, itu akan secara otomatis ditautkan ke akun pengembang Anda.
Akun pedagang akan memungkinkan Anda mengelola penjualan aplikasi dan pembayaran bulanan, serta menganalisis laporan penjualan langsung di Play Console.

Langkah 3: Buat, Listing, Rilis, dan Luncurkan Rilis

Banyak developer yang terus bersaing dalam membuat dan memasarkan aplikasi mereka. Bagi Anda yang baru belajarpun tentu tidak ingin ketinggalan. Aplikasi yang sudah susah payah dibuat tentu Anda ingin didownload dan digunakan oleh banyak orang.

Persiapan Sebelum Upload APK ke Playstore

1. Akun google play developer
2. File App Bundle (.aab) atau APK
3. Siapkan nama aplikasi, deskripsi singkat & deskripsi lengkap
4. Screenshot aplikasi & catatan rilis
5. Url/pdf kebijakan privasi

Sekarang setelah Anda menyiapkan Akun Google Play Console, Anda akhirnya dapat menambahkan aplikasi, mengisi data lengkap aplikasi, melakukan rilis aplikasi, dan mempublikasikan aplikasi rilis di Google Playstore.

Video Tutorial Publikasi Aplikasi di Playstore

Pada tutorial ini kami anggap Anda sudah memiliki akun Google Developer. Untuk mengupload aplikasi yang sudah dibuat ke Playstore diperlukan beberapa tahap, berikut poin-poin nya:

Cara upload aplikasi ke Playstore
1. Login Google Play Console
2. Klik buat aplikasi
3. Isi detail aplikasi
4. Upload logo, screenshot & APK
5. Mengisi catatan rilis
6. Mengisi kebijakan privasi
7. Mulai produksi aplikasi
8. Menunggu peninjauan
9. Hasil peninjauan, selesai.

Jika Anda mengikuti semua langkah di atas dan video panduan dengan benar, Anda siap untuk memublikasikan aplikasi Anda dengan sukses. Tapi Anda tidak bisa bersantai dulu. Pekerjaan Anda baru saja dimulai.

Untuk memaksimalkan aplikasi baru Anda, Anda perlu mempromosikannya untuk memastikan orang-orang mengetahuinya dan menganggapnya cukup menarik untuk diunduh.

Selain itu, pastikan Anda berinvestasi dalam memelihara aplikasi Anda dalam jangka panjang . Terus tingkatkan dan perbarui, dan analisis kinerjanya untuk mengubahnya menjadi produk yang lebih baik lagi bagi pelanggan Anda.
Rekomendasi Web Hosting
Hosting murah minimal order 1 bulan cuma 20rb. Gunakan voucher diskon 30%, kode voucher: MCP, total bayar hanya 14rb!!! Daftar sekarang